Partai NasDem Ungkap Pergeseran Suara Secara Masif di Distrik Sentani Papua

Kuasa hukum Partai NasDem, Ucok Edison Marpaung | YouTube Mahkamah Konstitusi
Kuasa hukum Partai NasDem, Ucok Edison Marpaung | YouTube Mahkamah Konstitusi

Partai NasDem Ungkap Pergeseran Suara secara Masif di Distrik Sentani Papua

FORUM KEADILAN – Partai NasDem mendalilkan adanya pergeseran suara secara masif di distrik Sentani, Papua. Adanya penambahan dan pengurangan suara tersebut berakibat pada perolehan kursi Partai NasDem.

Bacaan Lainnya

Keterangan itu disampaikan oleh kuasa hukum pemohon, Ucok Edison Marpaung, saat membacakan permohonan perkara nomor 17-01-05-33/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024.

Salah satu penyebab terjadinya pergeseran suara adalah di mana KPU tidak memberikan salinan D. Hasil kecamatan saat rekapitulasi tingkat kecamatan dan hanya membacakan D. Hasil yang tidak berdasarkan formulir C. Hasil maupun C. Plano.

Selain itu, Ucok mengungkapkan, pergeseran suara di pileg DPR Provinsi (DPRP) Papua paling banyak terjadi di Partai Golkar yang mendapat tambahan sebanyak 3.120 suara.

“Jumlah perolehan suara di formulir C. Hasil semua kampung di distrik Sentani, Partai Golkar memperoleh 3.537 suara. Namun di formulir lampiran D. Hasil kecamatan di distrik Sentani di distrik Sentani, Partai Golkar ditulis sebesar 6.657 suara atau bertambah sebesar 3.120 suara,” ucap Ucok dalam sidang PHPU Pileg 2024 di Sidang Panel II, Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) II, Jakarta Pusat, Kamis, 2/5/2024.

Berdasarkan rekapitulasi KPU di DPRP Papua, Partai Golkar merupakan partai dengan suara terbanyak dengan perolehan suara sebanyak 21.369 suara. Adapun versi pemohon, Partai Golkar hanya mendapat sebanyak 18.249 suara.

Selain Partai Golkar, penambahan suara juga terjadi di hampir semua partai lainnya, seperti PKB dengan tambahan 487 suara, Gerindra bertambah 2.149 suara, PDIP bertambah 731 suara, PSI bertambah 1.206 suara dan PPP bertambah 1.238 suara.

Meski begitu, Ucok menyebut, Partai NasDem justru dirugikan dengan kehilangan suara sebanyak 28 suara. Adapun hasil rekapitulasi KPU di Distrik Sentani Partai NasDem mendapat 9.871 suara. Sementara menurut pemohon, NasDem memperoleh sebanyak 9.899 suara.

Akibat dari penambahan dan pengurangan suara yang terjadi di Distrik Sentani, Papua III, NasDem hanya memperoleh satu kursi.

“Apabila suara murni dari TPS di Distrik Sentani dikembalikan, Partai NasDem akan memperoleh 2 (dua) kursi pada peringkat kursi ke-1 dan kursi ke-9,” ucap Ucok.*

Laporan Syahrul Baihaqi