Menpora Dito soal Jokowi Masuk Golkar: Beliau Bapak Bangsa, Fokus Multipartai Mungkin

Menpora Dito Ariotedjo
Menpora Dito Ariotedjo | Ist

FORUM KEADILAN – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) yang juga kader Golkar Dito Ariotedjo menanggapi isu Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan masuk ke partai berlambang pohon beringin itu.

Kata Dito, isu tersebut hanya gurauan Jokowi. Ia mengatakan, Jokowi sempat bergurau akan masuk Golkar saat melakukan kunjungan kerja di di Karanganyar, Jawa Tengah.

Bacaan Lainnya

“Ya, kalau saya, sih, belajar dari Bapak Jokowi selama ini isu yang menurutnya dikeluarkan itu sebagai konspiratif atau bercanda ditanggapinya, ya, seperti itu,” kata Dito di Kantor Staf Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat, 22/3/2024.

Menurut Dito, Jokowi heran mengapa isu seperti itu bisa tersebar dan siapa yang menyebarkannya.

“Karena nampaknya Bapak Jokowi, kan, sudah seperti bapak bangsa, ya. Jadi saya melihatnya beliau akan fokus multipartai mungkin,” kata dia.

“Jadi semua partai kan seperjuangan dengan beliau dari 2014. Jadi beliau ingin menjaga semua partai maju terus bersama beliau dan pastinya bisa berkontribusi terus untuk negara,” katanya.

Isu terkait masuknya Jokowi ke Golkar juga sempat dibahas Istana maupun Jokowi langsung.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan, presiden Jokowi saat ini fokus bekerja hingga akhir masa jabatan pada Oktober mendatang.

“Apa yang berkembang sebagai wacana dan dinamika di Partai Golkar merupakan urusan internal Partai Golkar,” kata Ari kepada wartawan, Selasa, 19/3.

“Saat ini Presiden Jokowi fokus bekerja untuk memimpin jalannya pemerintahan sampai berakhirnya masa jabatan pada 20 Oktober 2024,” pungkas Ari.

Sementara, Jokowi berkelakar kalau dirinya setiap hari masuk Istana saat ditanya wartawan soal kabar akan bergabung ke Golkar.

“Saya tiap hari masuk Istana,” kata Jokowi kepada wartawan, di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu, 28/2.

Jokowi juga lagi-lagi menjawab dengan gurauan saat disinggung soal isu diajukan untuk menjadi ketua umum Golkar.

“Ha-ha-ha saya sementara ini ketua Indonesia saja,” pungkas Jokowi di sela kunjungan kerjanya di Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis, 21/3.*