Tawa Jokowi Jawab Isu Jadi Ketum Golkar: Saya Ketua Indonesia Saja

Keterangan pers Presiden Jokowi di sela kunjungan kerjanya di Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis, 21/3/2024 | YouTube Sekretariat Presiden
Keterangan pers Presiden Jokowi di sela kunjungan kerjanya di Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis, 21/3/2024 | YouTube Sekretariat Presiden

FORUM KEADILAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi soal isu dirinya diajukan menjadi ketua umum (ketum) ke Partai Golkar. Sambil tertawa, Jokowi menjawab kalau untuk saat ini dirinya ketua Indonesia saja.

“Ha-ha-ha saya sementara ini ketua Indonesia saja,” pungkas Jokowi di sela kunjungan kerjanya di Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis, 21/3/2024.

Bacaan Lainnya

Diketahui, isu Jokowi akan gabung bahkan menjadi ketum Golkar semakin berkembang usai Pilpres 2024. Istana Kepresidenan juga menjawab isu tersebut.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan, isu bahwa Presiden Jokowi akan masuk dan menjadi ketum partai politik (parpol) tertentu sudah lama didesas-desuskan serta terus digulirkan.

“Terkait isu bahwa Presiden Jokowi akan masuk dan menjadi ketua umum parpol tertentu, sudah lama didesas-desuskan dan terus digulirkan. Faktanya, sampai saat ini, Presiden Jokowi tidak menjadi ketua umum satu parpol pun,” kata Ari kepada wartawan, Selasa, 19/3.

Ari mengatakan, adanya wacana tersebut merupakan urusan internal partai. Ia menegaskan, Presiden Jokowi tetap fokus bekerja hingga akhir masa jabatan pada Oktober mendatang.

“Apa yang berkembang sebagai wacana dan dinamika di Partai Golkar merupakan urusan internal Partai Golkar,” ujarnya.

“Saat ini Presiden Jokowi fokus bekerja untuk memimpin jalannya pemerintahan sampai berakhirnya masa jabatan pada 20 Oktober 2024,” pungkas Ari.*