Jalan Tol IKN akan Dilengkapi Terowongan Bawah Laut, Mulai Dibangun 2025

Rancangan IKN
Rancangan IKN | Sekretariat Negara

FORUM KEADILAN – Jalan Tol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur akan dilengkapi immersed tunnel atau terowongan bawah laut.

Rencananya, immersed tunnel akan dirancang untuk menyeberangi perairan dengan cara membangunnya terlebih dahulu di tempat yang diinginkan, kemudian menyelamkannya agar terhubung satu sama lain. Terowongan bawah laut tersebut rencananya memiliki panjang 2 km.

Bacaan Lainnya

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga menjelaskan bahwa proyek tersebut diperkirakan baru akan terlaksana sekitar tahun 2025.

“Tahun depan lah, di 2025. Kita matangkan dulu desainnya betul-betul, karena ini kan pertama kali kita lakukan, kita siapkan sebaik-baiknya,” kata Danis saat ditemui di Hotel Shangri-La Jakarta, Jakarta Pusat, Senin, 26/2/2024.

Danis menjelaskan, proyek tersebut bisa saja dikerjakan oleh pemerintah atau melalui skema investasi. Namun, ia mengupayakan agar terowongan bawah laut tersebut dapat digarap oleh investasi swasta.

“Kan seperti juga jalan tol alternatifnya apakah dikerjakan pemerintah atau melalui investasi, pilihannya begitu. Kita kan berharap semaksimal mungkin tidak dari pemerintah tapi investasi,” jelasnya.*