Buntut Kaburnya 14 Tahanan, Kapolsek Tanah Abang Dicopot

Gedung Polda Metro Jaya
Gedung Polda Metro Jaya | ist

FORUM KEADILANKapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto mencopot Kapolsek Tanah Abang Kompol Hans Philips Samosir imbas dari insiden kaburnya 14 tahanan.

Pencopotan tersebut tertuang di surat bernomor ST/61/II/KEP./2024 yang diteken Karo SDM Polda Metro Jaya Kombes Pol Langgeng Purnomo.

Bacaan Lainnya

Kompol Hans dimutasi ke posisi baru sebagai Kanit I Bagwasiddik Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Saat ini Kapolsek Tanah Abang digantikan oleh AKBP Aditya Simanggara Pratama.

Adapun insiden kaburnya 14 tahanan tersebut terjadi pada Senin 19/2/2024 lalu. Tahanan tersebut kabur dengan cara membobol teralis ventilasi kamar mandi rutan Polsek Tanah Abang.

Kepolisian berhasil menangkap 8 orang dan 6 lainnya masih dinyatakan buron. Karena kejadian tersebut, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto memerintahkan untuk meng-audit keamanan rutan.

“Iya, jadi 10 anggota tersebut termasuk para petugas jaga kemudian berjenjang, baik itu Kapolsek ataupun Wakapolsek itu semua dilakukan pemeriksaan secara intensif,” kata Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, Kamis 22/2/2024.

Susatyo menyebut, 10 anggota polisi itu masih diperiksa di Propam Polres dan Polda Metro Jaya. Dirinya juga belum mengungkapkan sanksi apa yang akan diberikan akibat kelalaian anggota kepolisian tersebut.*