Surya Paloh Ngaku Tak Diberitahu Jokowi soal AHY Jadi Menteri

Surya Paloh
Surya Paloh | Ist

FORUM KEADILAN – Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh mengaku bahwa dirinya tidak diajak bicara oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait keputusan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Surya Paloh mengatakan, hal tersebut tidak dibahas dalam pertemuannya dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Pada Minggu, 18/2 lalu.

Bacaan Lainnya

“Kemarin, Pak Jokowi masih merahasiakan itu sama saya. Bagaimana saya mau menjawabnya?” ungkap Surya Paloh di Wisma Nusantara, Jakarta, Jumat, 23/2/2024.

“Coba Pak Jokowi kasih (pertanyaan), barangkali bilang,”Bung Surya ini Demokrat barangkali (mau bergabung)’. Saya bisa kasih komentar kan. Jokowi diam-diam saja, masa saya tanya,” lanjutnya.

Namun, Surya Paloh mengungkapkan dirinya tidak mempunyai resistensi pada Demokrat pada saat ini menjadi partai politik pendukung pemerintahan (Parpol) dan mengaku akan mengikuti apa pun keputusan dari Jokowi karena penyusunan kabinet adalah hak prerogatif Presiden.

“Saya ucapkan selamat. Itu hak prerogatif presiden. Konsistensi kita kan itu hak prerogatif presiden, mau ngangkat siapa, latar belakangnya apa,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Pelantikan dilakukan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 21/2/2024 pukul 11.00 WIB.*