6 Tips dari Kemenkes untuk Bantu Jalani Diet

Ilustrasi diet
Ilustrasi diet | ist

FORUM KEADILAN – Sejumlah orang mungkin beranggapan cara diet sehat untuk menurunkan berat badan ialah dengan mengurangi porsi dan jenis makannya.

Nyatanya, diet yang sehat atau tepat bukan hanya soal seberapa banyak porsi makan.

Bacaan Lainnya

Diet untuk mengurangi berat badan perlu dilakukan dengan cara yang tepat. Berikut enam tips yang dapat membantu Anda menjalani program diet yang sehat dan tepat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

1. Gunakan Piring yang Lebih Kecil

Penggunaan piring yang lebih kecil dapat mengurangi asupan kalori hingga 22 persen, loh.

2. Minum Terlebih Dahulu

Kadang-kadang tubuh kita salah mengartikan antara rasa lapar dan haus. Oleh karena itu, sebaiknya minum segelas air terlebih dahulu untuk mengantisipasinya.

3. Makan Secara Perlahan

Otak kita membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit sebelum menyadari bahwa kita sudah kenyang.

Maka, terlalu cepat makan akan membuat Anda makan lebih banyak makanan daripada yang dibutuhkan tubuh.

4. Makan Sebelum Belanja

Berbelanja saat perut dalam keadaan kosong akan membuat Anda kalap dan ingin makan banyak.

Untuk itu, sebaiknya makan dulu sebelum berbelanja, ya.

5. Hindari Cemilan Tidak Sehat

Sebisa mungkin hindari menyimpan makanan ringan tidak sehat di lemari makanan Anda.

6. Perbanyak Porsi Sayuran

Sayuran ialah makanan rendah kalori dan tinggi serat, sehingga akan membantu Anda tetap kenyang lebih lama.

Semoga bermanfaat.*