Tips Diet Sehat, Tetap Makan Enak Tapi Berat Badan Turun

Ilustrasi diet sehat. | ist

FORUM KEADILAN – Menjalani diet memang bukanlah hal mudah bagi sebagian orang. Bagi mereka yang memiliki hobi wisata kuliner, melakukan diet akan terasa sangat menyiksa.

Ada banyak cara diet sehat yang bisa menjadi pilihan. Namun, tak banyak yang memberikan keleluasan memilih makanan yang akan dikonsumsi.

Berikut cara diet sehat agar bisa tetap makan enak tanpa tersiksa namun tak bikin gemuk, yang FORUM rangkum dari berbagai sumber.

1. makan teratur dan tepat waktu

Makan teratur dan tepat waktu menjadi kunci sukses diet sehat. Banyak yang beranggapan bahwa mengulur waktu makan dan mengurangi asupan makanan bisa mengurangi berat badan. Jelas anggapan itu salah.

Kunci pola makan yang sehat yaitu menerapkan Pedoman Gizi Seimbang. Artinya, kita perlu mengonsumsi makanan sumber karbohidrat, serta lauk-pauk sumber lemak dan protein dalam jumlah yang sesuai.

Pilih karbohidrat kompleks, protein, dan lemak yang menyehatkan yang dibutuhkan tubuh kita.

Dalam diet sehat, jangan lupa asupan serat dan vitamin dari sayuran serta buah-buahan yang penting untuk memperlancar pencernaan dan mendukung daya tahan tubuh. Dan, makanlah jika sudah tiba waktu nya makan.

2. tidak melewatkan sarapan pagi

Banyak yang beranggapan bahwa sarapan pagi dapat membuat tubuh menjadi gemuk. Lantas, melewatkan sarapan pagi dianggap pilihan yang tepat.

Padahal sebenarnya, sarapan menjadi sumber energi untuk melakukan aktivitas. Sarapan pagi juga dapat membantu menekan hawa nafsu makan siang agar tidak berlebihan.

3. banyak minum air putih

Asupan air putih yang cukup akan menjaga kelancaran fungsi tubuh serta melindungi dari dehidrasi.

Ketika dehidrasi, tubuh cenderung mengirimkan sinyal lapar yang keliru. Inilah yang membuat seseorang kerap makan banyak yang membuat porsi makannya tidak teratur tanpa disadari.

4. jangan makan berlebihan

Porsi makan harus tetap seimbang meski kita memakan makanan yang sehat. Makanlah secukupnya dan berhentilah kira-kira ketika sudah mencapai 80 persen kenyang.

Makan secara berlebihan tak hanya berdampak negatif untuk berat badan tetapi juga bisa mengganggu pencernaan.

5. menu makanan bervariasi

Dalam diet sehat, makanan yang disantap harus bervariasi. Jangan makan hanya satu jenis makanan saja. Hal ini dilakukan guna memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh dan membuat tubuh jadi sehat dan bugar ketika melakukan diet. *