Puting Beliung di Kabupaten Bandung-Sumedang: 17 Pabrik dan 90 Rumah Rusak

ima kecamatan di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang diterjang angin puting beliung pada Rabu, 21/2/2024.
ima kecamatan di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang diterjang angin puting beliung pada Rabu, 21/2/2024 | Ist

FORUM KEADILAN – Lima kecamatan di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang diterjang angin puting beliung pada Rabu, 21/2/2024.

“Lokasi kejadian di Kecamatan Jatinangor, Kecamatan Cimanggung, Kecamatan Rancaekek, Kecamatan Cicalengka, dan Kecamatan Cileunyi,” kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Jawa Barat Hadi Rahmat dalam keterangannya, Kamis, 22/2.

Bacaan Lainnya

Akibat bencana tersebut, kata Hadi, ada 4 pabrik dan 87 rumah yang rusak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Sedangkan di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, total ada 13 unit pabrik dan 10 rumah yang rusak. Semua bangunan yang terdampak mengalami kerusakan ringan, sedang, dan berat.

Bencana tersebut juga menyebabkan 12 orang terluka di Kabupaten Sumedang. Sedangkan di Kabupaten Bandung, 19 orang mengalami luka-luka.

“Seluruh korban luka dilarikan ke RSUD Cicalengka dan RSKK,” terang Hadi.

Hadi mengatakan, hingga saat ini, pihaknya masih mendata jumlah bangunan yang rusak, serta bersama instansi terkait masih berupaya membersihkan puing-puing di wilayah yang terdampak.

Sebelumnya, angin puting beliung menerjang kawasan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang pada Rabu, 21/2 sore.

Berdasarkan pengakuan warga sekitar, puting beliung itu terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Menurut warga, putaran angin yang menerjang begitu besar.

“Gede pisan (besar sekali), menakutkan,” kata salah seorang penjual makanan di Jalan Raya Rancaekek, Neni (39), kepada wartawan, Rabu.*