Ma’ruf Amin Beri Pesan ke AHY: Jangan Ada Mafia Tanah

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin di gedung MUI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 21/2/2024. | Dokumentasi - Setwapres
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin di gedung MUI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 21/2/2024. | Dokumentasi - Setwapres

FORUM KEADILAN – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin memberikan pesan kepada Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Ma’ruf Amin meminta kepada AHY agar dapat meneruskan kinerja Menteri ATR/BPN sebelumnya.

Bacaan Lainnya

“Untuk Menteri Agraria memang banyak masalah-masalah agraria yang harus selama ini memang dilaksanakan oleh Menteri Agraria yang sekarang jadi Menko Polhukam itu supaya diteruskan ya,” kata Ma’ruf saat ditemui di Gedung MUI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 21/2/2024.

Ia juga berpesan kepada AHY untuk menidakkan mafia tanah juga permasalahan sertifikat ganda hingga sengketa lahan.

“Supaya jangan ada mafia tanah kemudian juga ada apa namanya itu sertifikat ganda, sengketa-sengketa yang terus-menerus ya supaya tidak lagi nanti ada sengketa-sengketa ke depan,” lanjut Ma’ruf.

Ma’ruf juga mengatakan mengatakan Hadi Tjahjanto yang hari ini baru saja dilantik sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam). Ia menyebut Hadi merupakan sosok yang berpengalaman.

“Kita harapkan ya Menko Polhukam itu kan juga orang yang lama, apa namanya, menjadi Panglima TNI sebelum jadi Menteri ATR,” tutur Ma’ruf.

Ia menambahkan bahwa Hadi telah mengetahui apa yang harus dilakukan seorang Menko Polhukam.

“Jadi saya pikir beliau sudah paham betul apa yang harus dikerjakan di dalam rangka tentu menjaga kritik dan keamanan supaya tetap kondusif ya,” tutup Ma’ruf.

Presiden Jokowi Lantik Hadi Tjahjanto dan Agus Harimurti Yudhoyono

Presiden Jokowi resmi melantik dua menteri baru di Kabinet Indonesia Maju (KIM).

Mereka ialah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Pelantikan dilakukan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 21/2/2024 pukul 11.00 WIB.

Pelantikan diawali dengan nyanyian lagu Indonesia Raya. Dilanjut, pembacaan Keputusan Presiden tentang pelantikan dua menteri baru.

Jokowi kemudian mengambil sumpah dan janji jabatan menteri, diikuti oleh Hadi Tjahjanto dan AHY.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucap Jokowi mendiktekan sumpah jabatan diikuti Hadi dan AHY.

Prosesi pelantikan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara.

Sebelumnya, Hadi menjabat sebagai Menteri ATR. Hadi menggantikan Mahfud MD yang mundur sebagai Menko Polhukam.

Sementara posisi Hadi sebagai Menteri ATR digantikan oleh Ketua Umum Partai Demokrat tersebut.*