Kasus Bullying yang Seret Anak Vincent Rompies Naik Tahap Penyidikan

Ilustrasi bullying
Ilustrasi bullying | ist

FORUM KEADILAN – Polres Tangerang Selatan mengatakan, kasus dugaan perundungan atau bullying yang dilakukan sejumlah siswa dari sekolah Binus School Serpong, Tangerang, Banten, naik ke tahap penyidikan.

“Sudah naik ke tahap penyidikan,” kata Kasatreskrim Polres Tangerang Selatan AKP Alvino saat dihubungi wartawan, Rabu, 21/2/2024.

Bacaan Lainnya

Sementara, untuk tersangka sendiri belum ditetapkan, karena terduga pelaku masih di bawah umur.

“(Tersangka) belum,” kata AKP Alvino.

AKP Alvino mengatakan bahwa kasus ini masih menjalani pendalaman lebih lanjut lagi.

Diketahui, kasus dugaan perundungan ini dilakukan oleh sekumpulan anak-anak yang sekolah di Binus School Serpong. Mereka menamakan kelompok mereka sebagai ‘Geng Tai’.

Hasil pendalaman sementara mengungkap bahwa perundungan telah terjadi sebanyak dua kali, yaitu pada 2 dan 13 Februari. Informasi ini diperoleh dari beberapa saksi yang merupakan anggota keluarga korban.

“Untuk kronologinya, keterangan sementara yang kita dapatkan, untuk kejadian ini diduga terjadi tindakan kekerasan itu terjadi sekitar dua kali yaitu 2 Februari dan 13 Februari. Namun, untuk pastinya kita akan gali lagi dari keterangan saksi dan bukti-bukti yang ada,” kata AKP Alvino, Selasa, 20/2.

“Untuk saksi yang diperiksa dari pihak korban dan keluarga,” terang AKP Alvino.

Polisi juga telah mengantongi bukti-bukti, termasuk video sementara. Bukti lainnya masih dirahasiakan.

“Sementara dari video, kemudian ada beberapa bukti lainnya,” tutur AKP Alvino.

Sementara itu, terkait korban, AKP Alvino mengatakan bahwa korban sudah keluar dari rumah sakit dan sedang menjalani rawat jalan dan masih akan ada proses pemeriksaan psikologis.

Terduga Pelaku Sudah Dikeluarkan dari Sekolah

Berdasarkan informasi dari pihak sekolah, terduga pelaku bullying pun telah dikeluarkan dari sekolah.

“Insiden kekerasan yang dialami oleh siswa kami dilakukan oleh sejumlah siswa lainnya, yang terjadi di luar lingkungan sekolah dan di luar jam sekolah. Setelah mengetahui insiden tersebut, pihak sekolah melakukan investigasi secara intensif. Seluruh siswa yang terbukti melakukan tindakan kekerasan sudah tidak menjadi bagian dari komunitas BINUS SCHOOL,” kata Humas Binus School Education Haris Suhendra dalam keterangan resminya, Rabu, 21/2.

Salah satu terduga pelaku bullying tersebut diketahui merupakan anak sulung Vincent Rompies berinisial FLR. Pihak sekolah juga telah membenarkan keterlibatan anak Vincent dalam kasus ini.

“Iyah (anak Vincent Rompies terlibat),” kata Haris Suhendra dalam keterangannya, Senin, 19/2.*