Presiden Rusia Vladimir Putin Beri Ucapan Selamat ke Prabowo

Presiden Rusia Vladimir Putin | Ist
Presiden Rusia Vladimir Putin | Ist

FORUM KEADILAN – Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan ucapan selamat kepada calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto, walaupun penghitungan atau real count final dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Putin mengingatkan kepada Prabowo akan relasi yang kuat antara Rusia dan Indonesia sejauh ini dan ucapan selamat ini yang diberikan Putin kepada Prabowo disampaikan di situs resmi Kremlin.

Bacaan Lainnya

“Yang terhormat Bapak Prabowo Subianto, terimalah ucapan selamat saya yang setulus-tulusnya atas kemenangan meyakinkan Anda dalam pemilihan presiden,” isi pesan Putin, dikutip berdasarkan media pemerintah Rusia TASS, Jumat, 16/2/2024.

Putin mengatakan relasi Republik Indonesia dan Republik Federasi Rusia berlandaskan dari prinsip-prinsip persahabatan yang tulus dan juga saling menghormati.

Ia juga menyebut hubungan kedua negara akan terus berkembang di berbagai bidang kerja sama sehingga terciptanya kerjasama yang semakin erat diantaranya.

Putin dalam pernyataannya meyakini bahwa kegiatan Prabowo sebagai kepala negara akan memberikan kontribusi terhadap peningkatan kerja sama Indonesia dan Rusia.

Putin yakin, jika nantinya Prabowo memimpin bakal banyak berperan untuk dapat memperkuat keamanan dan stabilitas di kawasan Asia-Pasifik.

“Saya mengandalkan dialog konstruktif dengan Anda dan kerja sama yang bermanfaat mengenai isu-isu topikal dalam agenda bilateral dan internasional,” kata Putin.

Kemudian, ia tidak lupa mendoakan agar Prabowo sehat dan sejahtera.

Diberitakan, Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte mengucapkan selamat kepada Prabowo yang unggul dalam hitung cepat atau quick count Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Selain Mark, Prabowo juga mendapat selamat dari sejumlah pemimpin negara lainnya. Mereka termasuk PM Australia Anthony Albanese, Wakil PM Australia Richard Marles, PM Singapore Lee Hsien Loong, PM Malaysia Anwar Ibrahim, dan Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe.

PM Ceko Petr Fiala dan Juru Bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Matthew Miller yang membuat keterangan resmi di website pemerintahan AS, juga mengucapkan selamat kepada Prabowo.

Diketahui, Prabowo dan pasangannya di Pilpres 2024, Gibran Rakabuming Raka, unggul dibanding dua pasangan calon lainnya, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Berdasarkan hasil quick count dari beberapa lembaga survei, pasangan Prabowo-Gibran berhasil meraih lebih dari 50 persen suara secara nasional.*