Bawaslu Rekomendasikan 6 TPS di Lampung Lakukan Pencoblosan Ulang

Persiapan pemungutan suara Pemilu 2024. I Ist
Persiapan pemungutan suara Pemilu 2024. I Ist

FORUM KEADILAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Lampung merekomendasikan untuk melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 6 TPS di 4 Kabupaten/Kota. Rekomendasi ini  diberikan karena adanya temuan kasus kejadian khusus.

6 TPS ini direkomendasikan untuk PSU adalah TPS 19 Kelurahan Way Kandis, dan TPS 31 Kelurahan Kedaton yang berada di Kota Bandar Lampung, TPS 02 Desa Sambirejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur.

Bacaan Lainnya

Lalu, TPS 10 Desa Kubu, Kecamatan Way Khilau, Kabupaten Pesawaran. TPS 01 Desa Simpang Pematang, Kecamatan Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji, juga TPS 01 Pekon Tanjung Rejo, Kecamatan Bangkunat, Kabupaten Pesisir Barat.

Ketua Bawaslu Provinsi Lampung Iskardo P Panggar menyebut bahwa rekomendasi PSU ini berawal dari temuan berbagai kasus-kasus seperti adanya kertas suara yang telah tercoblos dan juga adanya pencoblos dari luar Bandar Lampung.

“Bawaslu melalui tim Panwascam di masing-masing TPS menemukan adanya kejadian khusus. Maka kami merekomendasikan ada 6 TPS di 4 kabupaten/kota untuk dilakukan PSU,” ujarnya, Jumat, 16/2/2024.

Ia juga menjelaskan, dari 6 TPS ditemukan berbagai kejadian khusus hingga pihaknya memutuskan untuk melakukan PSU di 4 Kabupaten.

“6 kejadian khusus yang ditemukan di 6 TPS beragam. Untuk TPS 19 di Bandar Lampung ini yang ramai kemarin yakni ratusan surat suara telah tercoblos dua caleg. Kemudian TPS 31 Bandar Lampung ditemukan 17 pemilih yang telah melakukan pencoblosan dengan KTP di luar Bandar Lampung,” terangnya.

“Selanjutnya TPS 02 Lampung Timur ada kertas suara dirusak oleh KPPS, data double di TPS 01 Mesuji serta terakhir di Pesisir Barat di TPS 01 ada warga yang tidak masuk DPT namun bisa memilih,” lanjutnya.*