Kata Luhut soal Pernyataan Tom Lembong Kasih Contekan ke Jokowi: Jangan Geer

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. | Ist

FORUM KEADILAN – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan melayangkan kritikan soal pernyataan Tom Lembong yang mengungkit 7 tahun memberikan contekan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat disebut oleh calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka di debat keempat Pilpres 2024 pada Minggu, 21/1 kemarin.

Luhut meminta kepada Tom Lembong agar jangan merasa geer.

Bacaan Lainnya

“Anda jangan geer juga bilang kasih note kepada ayahnya Mas Gibran, memang hanya Tom Lembong aja, yang paling banyak kasih note ke presiden itu adalah Menlu Ibu Retno. Karena setiap bilateral ya beliau mengasihkan itu,” kata Luhut di akun Instagram pribadinya, Rabu, 24/1/2024.

Luhut juga menambahkan, bahwa hal tersebut bukan hanya terjadi pada Presiden Jokowi saja, tetapi semua kepala negara juga dan mengatakan selalu ada pihak yang memberikan note.

“Itu bukan terjadi pada Presiden Jokowi saja, semua kepala negara itu kalau bilateral pasti ada di belakangnya kasih note,” ujarnya.

Luhut menyebut, Apa yang dilakukan Tom tersebut tak berarti Tom hebat, tetapi melain memang itu lah tugas pembantu Presiden dan ia meminta kepada Tom untuk merefleksikan diri.

“Apakah karena hebat melakukan? tidak. Itu tugas anda sebagai pembantu presiden, menteri perdagangan waktu itu sebagai kepala BKPM, tapi anda harus refleksi juga apa sih yang sudah anda lakukan sebagai Mendag, coba tanya dirimu,” ucapnya.

“Waktu BKPM apa yang dilakukan coba, anda kan ditugaskan untuk Online Single Submission (OSS), saya ingat betul itu bagaimana anda curhat ke saya. Tapi sampai anda meninggalkan kabinet tidak pernah selesai sekarang, OSS yang sudah digadang-gadang bakal selesai,” lanjutnya.

Ia meminta agar tak mengungkit masa yang telah berakhir dan mengatakan semua yang dikerjakan bukanlah hasil Tom Lembong sendiri, melainkan hasil kerja bersama.

“Saya ingin sampaikan kita sudah lah, kalau sudah selesai masa kita, sudah semua ada waktunya, tidak perlu kita ceritakan kita yang paling bagus karena kita, tidak, semua itu hasil kerja tim work,” ujarnya.

Sebelumnya, Tom Lembong memberikan respons mengenai namanya yang sering disebut cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka pada debat Pilpres keempat yang dikhususkan untuk cawapres Minggu malam.

“Saya sangat mengapresiasi ucapan Mas Gibran yang berkali-kali menyebut nama saya, ya tentunya selama tujuh tahun saya membuat contekan dan menulis pidato, dan materi bicara bagi ayahnya, Pak Presiden,” kata Tom Lembong, Senin, 22/1.*