Sekjen PBNU: Jangan Pilih Calon yang Didukung Abu Bakar Ba’asyir, Apalagi Amien Rais

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf (Gus Ipul)
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf (Gus Ipul) | ist

FORUM KEADILAN – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyerukan seluruh warga NU untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pilpres 2024 dengan memilih calon yang sesuai dengan kaidah ke-NUan.

Secara khusus, Gus Ipul meminta Nahdliyin untuk tidak memilih pasangan calon (paslon) yang didukung oleh Abu Bakar Ba’asyir, dan Amien Rais

Bacaan Lainnya

“Jangan kita mendukung pasangan yang didukung oleh orang-orang yang berseberangan dengan cara berpikirnya orang NU, seperti calon yang didukung Abu Bakar Ba’asyir misalnya, apalagi ada Amien Raisnya juga,” kata Gus Ipul melalui keterangannya, dikutip, Rabu, 17/1/2024.

“Kita harus waspada pada kelompok lain yang berseberangan dengan NU apalagi cuma diiming-iming posisi wakil presiden. Jangan mau pilih kelompok ini,” ujarnya.

Meski Gus Ipul tak menyebut secara terang-terangan siapa paslon yang dimaksud, namun belakangan diketahui Abu Bakar Ba’asyir mendukung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024.

Dukungan tersebut terungkap melalui rekaman suara, dan telah dikonfirmasi kebenarannya oleh anak Abu Bakar Ba’asyir, Abdul Rohim Ba’asyir.

Amien Rais yang merupakan Ketua Umum Partai Ummat pun diketahui telah mendeklarasikan mendukung Anies-Muhaimin di Pilpres 2024.

Gus Ipul menilai, calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) yang dipilih oleh masyarakat harus benar-benar memiliki cara berpikir dan bermazhab NU.

“Pastikan bahwa paslon yang kita pilih itu sesuai dengan cara bermazhab dan berpikirnya NU. Pilih dan pilah semua info yang ada agar kita tidak tersesat karena berita-berita hoax,” kata dia.

Lebih lanjut, Gus Ipul berharap agar semua warga NU hadir pada 14 Februari 2024 dan menggunakan hak pilihannya dengan sungguh-sungguh memperhatikan semua paslon yang ada.*