1.318 Personel Polisi akan Amankan Pengundian Nomor Urut Capres-Cawapres di KPU

Suasana di gedung KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 13/5/2023
Gedung KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat. | Merinda Faradianti/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Sebanyak 1.318 personel Polisi dikerahkan untuk menjaga pengundian nomor urut calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, hari ini, Selasa, 14/11/2023.

“Total ada ada 1.318 personel yang kita kerahkan untuk pengamanan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangannya, Selasa, 14/11.

Bacaan Lainnya

Para personel ini terdiri dari 388 personel Satgasda (Polda), 30 personel Satgasres (Polres), serta 900 personel BKO yang berasal dari Kodam Jaya, Korbrimob, dan Korsabhara.

Trunoyudo mengatakan, pihaknya juga menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar Kantor KPU.

“Rekayasa lalu lintas kita laksanakan secara situasional,” tutupnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan daftar tetap pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) 2024-2029. Ketiga pasangan yang mendaftar pada 19 hingga 25 Oktober 2023 dinyatakan memenuhi syarat.

Ketiga pasangan calon tersebut, yakni Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Selanjutnya, KPU akan menggelar pengundian nomor urut pasangan capres-cawapres hari ini, Selasa, 14/11 pukul 18.30 WIB.

Dalam pengundian nomor urut tersebut, KPU akan mengundang pasangan capres-cawapres tetap, serta partai politik pengusung untuk hadir.

Selain itu, KPU juga akan mengundang penyelenggara pemilu, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), dan para stakeholder lainnya.*