13.251 Personel Polisi akan Amankan Piala Dunia U-17 di Indonesia

Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan | Merinda Faradianti/forumkeadilan.com
Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan | Merinda Faradianti/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Sebanyak 13.251 personel Polisi dikerahkan untuk menjaga keamanan selama gelaran Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia dari tanggal 10 November hingga 2 Desember 2023.

“Jumlah pengamanan melibatkan 13.251 personel, terdiri atas 415 personel dari Mabes Polri dan 12.836 personel dari empat Polda,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan dalam keterangannya, Selasa, 7/11/2023.

Bacaan Lainnya

Adapun empat Polda yang turut serta dalam pengerahan personel, kata Ramadhan, ialah Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Timur, dan Polda Jawa Tengah. Pengerahan ini dilakukan sesuai dengan lokasi venue Piala Dunia U-17.

“Gelar pasukan secara serentak di empat polda tersebut pada 9 November 2023, namun dipusatkan untuk apel gelar pasukannya di Surabaya,” ucapnya.

Ramadhan juga mengungkapkan bahwa terdapat empat stadion yang akan digunakan sebagai lokasi pertandingan Piala Dunia U-17, yakni Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Gelora Bung Tomo, Stadion Manahan, dan Stadion Si Jalak Harupat.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan kesiapan pihaknya untuk melakukan pengamanan Piala Dunia U-17. Dia menyambut baik fakta bahwa Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17.

“Bahwa U-17 akan segera digelar dan saya kira ini adalah salah satu ajang internasional yang diselenggarakan pertama mungkin ya, Pak, terkait penyelenggaraan kita sebagai tuan rumah,” kata Sigit dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 19/9.

“Tentunya bagaimana mulai dari pengamanan terhadap kontingen FIFA itu sendiri dan tim, terus bagaimana pada saat di dalam perjalanan, kemudian pada saat latihan, kemudian juga terkait dengan stadion yang akan digunakan dilaksanakan asesmen di sesuaikan dengan standar FIFA,” tambah Sigit.*