Visi-Misi Jenderal Agus Subiyanto, Calon Tunggal Panglima TNI

Jenderal TNI Agus Subiyanto menjalani Fit and Proper Test bersama dengan Komisi I DPR RI hari ini, Senin, 13/11/2023 | Syahrul Baihaqi/Forum Keadilan
Jenderal TNI Agus Subiyanto menjalani Fit and Proper Test bersama dengan Komisi I DPR RI hari ini, Senin, 13/11/2023 | Syahrul Baihaqi/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Jenderal TNI Agus Subiyanto menjalani fit and proper test bersama dengan Komisi I DPR RI hari ini, Senin, 13/11/2023.

Calon tunggal Panglima TNI tersebut mengungkapkan komitmennya untuk melanjutkan program yang telah dilakukan para panglima sebelumnya.

Bacaan Lainnya

Dalam pemaparan visi-misi, Agus mengusung visi TNI yang ‘PRIMA’ untuk membangun TNI yang memiliki daya tahan guna menghadapi ancaman yang dapat membahayakan integritas negara.

“Saya memiliki visi TNI yang PRIMA: yaitu profesional, responsif, integratif, modern dan adaptif,” ucap Agus saat menjalani uji kelayakan dan kepatutan, Senin, 13/11.

Untuk mewujudkan visi tersebut, Agus memaparkan lima misinya jika terpilih sebagai Panglima TNI. Pertama, memelihara dan memantapkan profesionalisme sebagai alat pertahanan negara.

Kedua, meningkatkan kemampuan yang responsif dalam menghadapi perkembangan strategis. Ketiga, memantapkan kemampuan TNI yang integratif serta bersinergi dengan kepolisian, kementerian, lembaga dan komponen bangsa lainnya,” tuturnya.

Keempat, mewujudkan percepatan modernisasi alutsista sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kelima, mewujudkan TNI yang adaptif terhadap tuntutan tugas dan spektrum ancaman.

Sebelumnya, Agus menjadi Kepala Staf Angkatan Darat menggantikan Dudung Abdurachman yang telah pensiun, Rabu, 25/10. Tidak lama setelah pelantikannya, namanya dicalonkan Presiden Joko Widodo sebagai calon tunggal Panglima TNI.*

Laporan Syahrul Baihaqi