Tak Incar Posisi Mentan, AHY dan Partai Demokrat Komitmen Majukan Pertanian

Juru Bicara Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, saat berada di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 25/10/23 | Merinda Faradianti/Forum Keadilan
Juru Bicara Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, saat berada di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 25/10/23 | Merinda Faradianti/Forum Keadilan

FORUM KEADILANPartai Demokrat membantah memberikan sinyal akan mengisi posisi di Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Sebelumnya, unggahan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat memetik apel di Kota Batu, Jawa Timur, beberapa waktu lalu dinilai ‘sinya’ akan mengisi posisi Menteri Pertanian (Mentan) pengganti Syahrul Yasin Limpo. Namun, nyatanya, posisi Mentan resmi diisi Andi Amran Sulaiman.

Bacaan Lainnya

Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra mengatakan mengenai perombakan kabinet merupakan hak presiden.

“Nggak lah (memberikan sinyal), pertama begini kalau masalah reshuffle kabinet haknya presiden. Dia (presiden) mau masukkan orang baru, ya beliau lah yang menentukan. Tidak pantas rasanya kami atau Demokrat untuk mengomentari hak presiden,” katanya kepada Forum Keadilan, Rabu, 25/10/2023.

Kata Herzaky, postingan AHY tersebut merupakan wujud dari komitmen Demokrat yang ingin memajukan sektor pertanian. Bukan sebagai salah satu tindakan untuk memberikan sinyal bahwa ia akan diberikan kursi Menteri Pertanian.

“Postingannya Mas AHY itu kan bagus, endorse produk-produk lokal kita dan menjunjung komitmen Partai Demokrat sejak zaman Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono). Kita kan mengedepankan pertanian, bagaimana produksi tani bisa semakin besar, dan kemudian bagaimana mengajak masyarakat kita untuk mencintai produk-produk lokal,” lanjutnya.

Masalah pertanian, kata Herzaky, akan menjadi prioritas Demokrat dalam mensejahterakan masyarakat.

Sebelumnya, AHY mengunggah foto dan video di akun Instagram-nya saat berada di Kebun Puri Agung, Kota Batu, Jawa Timur. Dalam postingannya, AHY mengajak masyarakat mengonsumsi produk pertanian lokal dan memamerkan produk tani unggulan Apel Malang.

“Jangan lupa untuk selalu konsumsi produk pertanian lokal kita, salah satunya produk unggulan dari Jawa Timur, yaitu Apel Malang! Ini adalah momen di mana saya bisa memetik langsung buah apel dari pohonnya, lokasinya di Kebun Puri Agung, Kota Batu, Jawa Timur,” tulis AHY dalam keterangan unggahannya.

AHY menilai sektor pertanian Republik Indonesia perlu terus dibangun. Dia memastikan partainya berkomitmen mendorong kemajuan inovasi dan teknologi di bidang pertanian dalam menyediakan ketersediaan pangan.*

Laporan Merinda Faradianti