KPU Beberkan Jadwal Pemeriksaan Kesehatan Capres-Cawapres di RSPAD

KPU tunjuk RSPAD Gatot Sabroto untuk cek kesehatan capres-cawapres
KPU tunjuk RSPAD Gatot Sabroto untuk cek kesehatan capres-cawapres | Ist

FORUM KEADILAN – Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto ditunjuk sebagai tempat pemeriksaan kesehatan pasangan capres-cawapres.

Pemeriksaan kesehatan ini diketahui akan dimulai pekan ini.

Bacaan Lainnya

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari menyebut jika pemeriksaan tes kesehatan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) akan dilakukan pada Sabtu, 21/10/2023.

Sementara pemeriksaan tes kesehatan Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan dilakukan Minggu, 22/10.

“Kemudian kita melakukan pembicaraan dengan tim RSPAD, nanti bakal pasangan calon yang didaftarkan pertama itu nanti akan dilakukan pemeriksaan kesehatan pada hari Sabtu. Rentang waktunya sudah ditentukan mulai dari pagi sampai dengan selesai. Yang didaftarkan pada kesempatan kedua, akan diperiksa pada hari Minggu. Sabtu berarti tanggal 21, kesempatan kedua akan diperiksa Minggu 22 Oktober,” ujar Hasyim.

Dia mengatakan pemeriksaan tes kesehatan pasangan lainnya akan dilakukan di hari berikutnya sesuai urutan yang telah ada.

Dia mengatakan urutan hingga durasi waktu tes kesehatan sudah ditentukan oleh tim pemeriksa RSPAD Gatot Subroto.

Sementara itu, Kepala RSPAD Gatot Subtoro Letnan Jenderal TNI dr A. Budi Sulistya mengatakan pihaknya akan melakukan pemeriksaan kesehatan sesuai dengan regulasi dari KPU.

“Kami dari RSPAD tentu memperoleh mandat dari KPU untuk menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan untuk bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden. Kami akan mengikuti regulasi dan ketentuan dari Komisi Pemilihan Umum. Dan kemudian pada prinsipnya kami akan menyelenggarakan pemeriksaan dengan prinsip profesionalisme, imparsialitas, independensi, dan juga dipercaya. Tiga hal yang kami tekankan dalam hal ini,” kata Letjen Budi Sulistya.

Dia mengatakan pemeriksaan tes kesehatan itu meliputi tes kesehatan fisik dan rohani. Kemudian, sebutnya, ada juga pemeriksaan bebas narkoba.*