MenPAN-RB Jamin Tak Ada Titip Menitip dalam Seleksi CPNS 2024

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas. | Ist
Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas. | Ist

FORUM KEADILAN – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas menjamin tidak akan ada titip menitip dalam seleksi CPNS 2024.

“Menteri Anas mengingatkan kepada seluruh pihak bahwa seleksi CASN (CPNS) kini tidak lagi bisa ada ‘titip menitip’. Semua tahap dilaksanakan secara terbuka dan akuntabel. Anggapan bahwa menjadi aparatur sipil negara (ASN) harus membayar sejumlah uang pun sudah tak lagi ada,” tulis keterangan resmi di situs Kemenpan RB pada Selasa, 17/10.

Bacaan Lainnya

Ia menegaskan cara untuk lolos adalah dengan kemampuan pribadi.

Ia juga memastikan orang yang menjanjikan kelulusan adalah tindak penipuan.

Selain itu, Anas mengatakan Kemenpan RB tidak terafiliasi dengan tempat pelatihan atau bimbingan belajar mana pun.

“Kami memastikan seleksi ini tidak ada celah kecurangan, transparan, dan akuntabel. Penggunaan computer assisted test (CAT) ini salah satu bentuk digitalisasi seleksi calon ASN,” jelas Anas.

Pihaknya juga menegaskan akan melakukan tindakan tegas jika menemukan indikasi kecurangan.

Pendaftaran seleksi CPNS sudah ditutup pada 12 Oktober 2023 lalu.

Total pelamar CPN sampai dengan penutupan pendaftaran mencapai lebih dari 2,4 juta orang. Para peserta bisa melihat pengumuman hasil seleksi administrasi pada kanal resmi masing-masing instansi mulai Senin, 16/10.

Berdasarkan data Badan Kepegawaian Negara (BKN), ada 945.404 peserta melamar melalui jalur CPNS. Sedangkan pelamar pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) guru mencapai 439.020 orang.

Lalu, pelamar PPPK tenaga kesehatan pada seleksi tahun ini mencapai 388.145 orang. Sementara itu, PPPK teknis ada 637.313 pelamar.*