6 Tips Lolos CPNS

Ilustrasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) | ist
Ilustrasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) | ist

FORUM KEADILAN – Pembukaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023 sudah dimulai sejak 17 September sampai 6 Oktober 2023.

Dalam seleksi ini, Anda akan bersaing dengan jutaan warga Indonesia yang ingin berbakti pada negara. Tidak jarang, proses seleksi CPNS menjadi sebuah tantangan yang memerlukan persiapan yang matang.

Bacaan Lainnya

Sebagaimana diketahui, status CPNS diberikan kepada peserta yang berhasil melewati tahap seleksi penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Seleksi ini mencakup penilaian objektif terkait kompetensi, kualifikasi, dan persyaratan lain yang diperlukan dalam pemerintahan.

Seleksi ini terdiri dari tiga tahap, yakni seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (dikenal sebagai tes SKD), dan seleksi kompetensi bidang (dikenal sebagai tes SKB). Kedua jenis tes ini dilakukan dengan menggunakan sistem CAT.

Apabila Anda berhasil lulus, Anda akan mendapatkan status CPNS yang berlaku selama satu tahun, yang disebut sebagai masa uji coba.

Selama masa uji coba, penilaian terhadap kinerja dan kompetensi CPNS akan dilakukan. Penting untuk diingat bahwa masa CPNS juga dikenal sebagai masa pengadaan dan masa prajabatan.

Untuk meningkatkan peluang Anda dalam lulus seleksi CPNS 2023, berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti.

1. Pelajari Kisi-kisi Materi Tes CPNS 2023

Mengenali materi yang diujikan pada tes CPNS tahun sebelumnya adalah langkah awal yang penting. Anda dapat mempelajarinya melalui buku panduan CPNS, aplikasi, atau video pembelajaran yang tersedia di internet.

Mengerti materi tahun sebelumnya dapat membantu Anda dalam menghadapi tes CPNS tahun ini, karena kemungkinan materi lama akan muncul kembali.

2. Latihan Soal-soal Tes CPNS 2023

Persiapkan diri dengan rajin mengerjakan contoh soal tes CPNS. Ini akan membantu Anda dalam menghadapi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan juga tahapan seleksi berikutnya, yaitu Seleksi Kemampuan Bidang (SKB).

Melalui latihan soal, Anda dapat mengidentifikasi kemampuan dan kelemahan yang perlu diperbaiki.

3. Persiapkan Dokumen yang Diperlukan

Jangan menganggap remeh tahap administrasi, karena banyak calon peserta yang gagal lolos pada tahap ini. Pastikan Anda telah mempersiapkan semua dokumen yang diperlukan dengan teliti.

4. Pahami Syarat dan Ketentuan

Baca dan pahami syarat pendaftaran CPNS dengan seksama, termasuk batasan usia, tingkat pendidikan, dan persyaratan khusus yang berlaku untuk setiap jabatan.

5. Kemampuan Berbahasa

Tes CPNS sering kali mencakup ujian bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Anda melalui membaca, menulis, dan memperluas kosakata dalam kedua bahasa tersebut.

6. Selalu Update Informasi Seputar CPNS 2023

Pastikan Anda mengikuti informasi terkini seputar CPNS 2023. Dengan begitu, Anda akan mengetahui perubahan-perubahan yang terjadi seputar tes.

Selain itu, pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN) mungkin akan memberikan kisi-kisi atau informasi tambahan mengenai tes seleksi.*

Laporan Sukma Cempaka