Awas! Ini Efek Kebanyakan Minum Air Putih Bagi Tubuh

Ilustrasi minum air putih
Ilustrasi minum air putih | ist

FORUM KEADILAN – Mengonsumsi air putih merupakan salah satu cara menjaga kesehatan. Air adalah komponen utama dalam tubuh, sekitar 50-70 persen bagian tubuh terdiri dari air.

Setiap sel, jaringan, dan organ dalam tubuh memerlukan air agar tubuh dapat berfungsi optimal. Oleh karena itu, penting bagi seseorang untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari, salah satunya dengan mengonsumsi air putih.

Bacaan Lainnya

Namun, minum air putih secara berlebihan sebenarnya dapat berdampak buruk. Ini dapat menyebabkan tubuh mengalami kelebihan cairan atau overhidrasi, yang pada gilirannya dapat mengganggu keseimbangan elektrolit.

Overhidrasi adalah kondisi yang perlu segera diatasi, karena dapat membahayakan kesehatan.

Dampak Terlalu Banyak Mengonsumsi Air Putih

Overhidrasi pada umumnya jarang menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Namun, terlalu banyak minum air putih membuat ginjal tidak dapat membuang kelebihan air di dalam tubuh.

Akibatnya, kadar garam dalam tubuh menurun (hiponatremia). Hiponatremia biasanya berisiko pada seseorang yang melakukan aktivitas fisik yang berat dan memerlukan banyak minum.

Kondisi ini dapat menyebabkan sejumlah gejala, seperti sakit kepala, mual, muntah, lemas, kram otot, gelisah hingga penurunan kesadaran. Bahkan jika seseorang memiliki gangguan pada fungsi jantung dan ginjal, akan memperberat fungsinya kemudian dapat menjadi komplikasi lebih lanjut.

Cara Meminimalkan Efek Mengonsumsi Air Putih

1. Memperhatikan Berapa Banyak Cairan dalam Sehari

Setiap orang memiliki kebutuhan cairan yang bervariasi, bergantung pada tingkat aktivitas, iklim, usia, serta makanan dan minuman yang mereka konsumsi.

Secara umum, seseorang disarankan untuk mengonsumsi sekitar 8 gelas atau sekitar 2 liter air putih setiap harinya.

2. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Banyak Air

Selain minum air putih, tubuh juga dapat memperoleh cairan yang cukup dari makanan yang memiliki kandungan air tinggi, seperti sayuran dan buah-buahan.

Meskipun air putih memiliki banyak manfaat, penting untuk menghindari overhidrasi dengan tidak mengonsumsi lebih dari 8 gelas per hari.

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan jumlah konsumsi air yang tepat.*

Laporan Sukma Cempaka