817 Benda Bersejarah Terdampak Imbas Kebakaran Museum Nasional

Museum Nasional
Museum Nasional | Ist

FORUM KEADILAN – Sebanyak 817 benda bersejarah yang ada di Museum Nasional atau Museum Gajah terdampak akibat kebakaran yang terjadi pada Sabtu, 16/9/2023.

Hal ini diungkapkan oleh Plt Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya Ahmad Mahendra.

Bacaan Lainnya

“Terdapat 817 koleksi yang berada dan dipamerkan pada enam ruangan yang terdampak,” ungkap Ahmad.

“Koleksi dan benda bersejarah tersebut merupakan koleksi berbahan perunggu, keramik, terakota, dan kayu serta koleksi miniatur dan replika benda prasejarah yang ditemukan dalam kondisi utuh maupun rusak ringan sampai berat,” tambahnya.

Diketahui, ratusan benda bersejarah yang terdampak kebakaran tersebut telah dievakuasi ke tempat penyimpanan sementara.

Ratusan benda bersejarah yang dievakuasi itu terdiri dari koleksi dari Galeri Perunggu Museum Gajah. Beberapa di antaranya dalam kondisi utuh.

Ratusan koleksi bersejarah tersebut kini sedang diidentifikasi dan dibersihkan untuk dilakukan tahapan penanganan konservasi awal.

“Kami saat ini dalam proses melakukan identifikasi, analisis tingkat kerusakan, pembersihan dan penanganan konservasi tahap awal,” jelas Ahmad.

Tak hanya itu, Tim Tim Khusus Penanganan Unit Museum Nasional Indonesia (MNI) juga telah berkomunikasi dengan Pemerintah Prancis dan Belanda dalam rangka kerjasama upaya pemulihan museum dan pengelolaan koleksi.

Sebelumnya, kebakaran terjadi di Museum Nasional pada Sabtu, 16/9 sekitar pukul 20.00 WIB. Sebanyak 21 saksi pun telah dimintai keterangan dalam rangka proses penyelidikan penyebab kebakaran yang dibarengi dengan pengamanan beberapa rekaman CCTV.

Polisi juga sedang mendalami soal dugaan unsur pidana dalam insiden kebakaran ini.*