5 Ciri Toxic Parents

Ilustrasi toxic parents
Ilustrasi toxic parents | ist

FORUM KEADILANToxic parents adalah orang tua yang berperilaku toksik dalam hal pengasuhan. Perilaku ini dapat diartikan sebagai tindakan yang sering dilakukan oleh seseorang tanpa menyadarinya, namun dapat merugikan, baik orang lain maupun diri sendiri.

Seperti yang kita ketahui, setiap orang tua menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Meskipun terkadang toxic parents berusaha meyakinkan diri mereka bahwa tindakan mereka adalah untuk kebaikan anak, namun kenyataannya, tindakan tersebut justru bisa menyakiti perasaan sang anak.

Bacaan Lainnya

Toxic parents umumnya lebih memprioritaskan keinginan mereka sendiri dan mengendalikan anak sesuai dengan kehendak mereka. Hal ini menyebabkan mereka sering kali tidak memperhatikan perasaan atau pendapat anak, dan mereka tidak melihat anak sebagai individu yang memiliki hak atas dirinya sendiri.

Sikap seperti ini harus dihindari, karena perilaku yang bersifat toksik dapat menjadi penyebab timbulnya trauma pada masa kecil, akibat pengasuhan yang kurang baik.

Orang tua seharusnya menjadi tempat ternyaman bagi anak. Namun dengan sikap seperti ini, orang tua menjadi masalah yang menyebabkan anak takut dan menjadi trauma. Apakah Anda termasuk toxic parents? Yuk, ketahui ciri-cirinya berikut ini.

1. Tidak Bisa Mengontrol Emosi

Orang tua toxic adalah yang tidak bisa mengontrol diri. Walaupun masalah yang dihadapi kecil, namun mereka meluapkan amarah secara berlebihan pada anak. Bahkan ketika anaknya tidak terlibat secara langsung kepada masalah mereka.

2. Selalu Ingin Mengontrol Anak

Toxic parents tidak memberikan anak kesempatan untuk mengambil keputusan sendiri, karena mereka cenderung menganggap bahwa segala yang berasal dari anaknya adalah salah.

Akibatnya, mereka cenderung mengendalikan segala hal yang berkaitan dengan anak secara langsung.

3. Melakukan Kekerasan Fisik dan Verbal

Ini adalah perilaku yang sering dilakukan oleh orang tua yang toksik, seperti penggunaan fisik dan kekerasan verbal, termasuk menghina, yang sering kali ditujukan kepada anak.

Perilaku ini dapat memengaruhi perkembangan fisik dan emosional anak.

4. Merasa Bersaing dengan Anak

Orang tua toxic akan menganggap bahwa anak adalah saingan. Mereka tidak segan untuk mempermalukan anak, bahkan tidak membiarkan anak bahagia.

5. Sering Membuat Anak Merasa Bersalah

Toxic parents kerap membahas apa yang telah dilakukannya, sehingga membuat anak merasa bersalah. Misalnya, membahas pengorbanan mereka dalam mengeluarkan uang untuk membesarkannya.

Itu lah beberapa ciri orang tua toxic, jika anda merasakan salah satu ciri toxic parents jangan ragu untuk membenahi diri sebelum terlambat.*

LaporanĀ Sukma Cempaka