5 Olahraga yang Bisa Mengecilkan Perut

Ilustrasi perut buncit
Ilustrasi perut buncit | ist

FORUM KEADILAN – Tidak seorang pun, baik laki-laki maupun perempuan, yang menginginkan perut buncit. Sebab, perut buncit dapat mengganggu aktivitas karena lebih mudah letih, mengganggu penampilan dan dapat menurunkan kepercayaan diri.

Perut buncit terjadi karena banyak factor. Namun, umumnya karena adanya penumpukan lemak di area perut. Penumpukan lemak ini disebabkan oleh jumlah kalori dari makanan yang dikonsumsi melebihi jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh menjadi energi.

Bacaan Lainnya

Jika kondisi ini dibiarkan secara berkepanjangan, tentunya akan mengganggu kondisi kesehatan penderita karena dapat berisiko terkena berbagai penyakit, seperti penyakit stroke, diabetes, penyakit jantung, dan hipertensi.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena beberapa jenis olahraga ini dapat membantu mengecilkan perut Anda.

Berikut ini beberapa olahraga yang dapat mengecilkan perut buncit.

1. Plank

Cara melakukan gerakan ini adalah sebagai berikut: posisikan tubuh Anda seperti tengkurap di lantai atau matras, topang tubuh dengan kedua lengan dalam posisi 90 derajat, dan tumpukan jari kaki dengan kepala menunduk. Pertahankan posisi ini selama 30 detik.

Anda dapat mengulanginya beberapa kali dengan istirahat sejenak, lalu lakukan kembali.

2. Berenang

Berenang tidak hanya membantu mengecilkan perut, tetapi juga dapat menjaga kekuatan otot dan tulang, menjaga kesehatan jantung, meredakan stres, serta meningkatkan kualitas tidur.

Agar ukuran perut Anda mengecil, disarankan untuk berenang selama 20-30 menit sebanyak minimal 3 kali seminggu. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum berenang, setidaknya 10 menit.

3. Jogging

Jogging ialah salah satu olahraga yang mudah dilakukan dan efektif untuk membakar lemak di perut.

Anda dapat melakukan olahraga ini selama 20-30 menit, 3-5 hari dalam seminggu.

Jogging memiliki banyak manfaat, termasuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko diabetes, mengurangi stres, dan tentu saja, membantu menurunkan berat badan

4. Sit up

Gerakan olahraga ini sangat umum dilakukan oleh banyak orang untuk mengecilkan perut. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu berbaring dengan lutut ditekuk, kemudian posisikan tangan di samping telinga, dan angkat bagian atas tubuh dengan kaki tetap dalam posisi awal.

Lakukan gerakan ini hingga 50 kali atau sesuai dengan kemampuan Anda.

5. Lompat Tali

Lompat tali juga efektif untuk mengecilkan perut karena mampu membakar lemak yang ada di perut.

Anda dapat dengan mudah melakukan olahraga ini di mana saja. Lakukan olahraga ini selama 45-60 menit karena memiliki intensitas kardiovaskular yang tinggi.

Laporan Sandra Ridhola Veronica