Cak Imin Batal Diperiksa Hari ini, KPK Panggil Lagi Minggu Depan

Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. | Ist

FORUM KEADILAN – Muhaimin Iskandar atau Cak Imin absen pemeriksaan KPK sebagai saksi kasus dugaan korupsi sistem proteksi TKI di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemnaker) hari ini, Selasa, 5/9/2023.

Pemeriksaan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu pun ditunda hingga minggu depan.

“Tim penyidik akan jadwalkan kembali pemanggilan kepada saksi ini nanti minggu depan,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Selasa, 5/9/2023.

Ali mengatakan, Wakil Ketua DPR RI itu tak bisa hadir karena memiliki agenda di tempat lain hari ini.

“Informasi yang kami peroleh dari tim penyidik KPK bahwa telah terima surat konfirmasi dari saksi ini tidak bisa hadir karena ada agenda lain di tempat lain,” ujar Ali.

Dalam surat permohonan penundaan, kata Ali, Cak Imin meminta untuk diperiksa pada Kamis, 7/9. Namun, permintaan itu ditolak KPK karena penyidik telah memiliki agenda penyidikan di hari tersebut.

“Tim penyidik KPK sudah juga mengatakan kepada kami karena hari Kamis ada agenda lain yang kemarin sudah kami sampaikan, tim penyidik masih kumpulkan alat bukti di daerah,” jelas Ali.

Tim penyidik KPK pun memutuskan untuk memanggil ulang Cak Imin pekan depan. KPK belum memerinci hari pemeriksaan itu dilakukan.

“Tentu kami akan sampaikan kembali kepada saksi untuk hadir di waktu yang ditentukan oleh tim penyidik KPK di minggu depan,” ujar Ali.

Menurut Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid, Cak Imin tidak bisa memenuhi panggilan KPK sebagai saksi di kasus dugaan korupsi sistem proteksi TKI Kemnaker tahun 2012 hari ini, karena menghadiri acara pembukaan Musabaq Tilawatil Qur’an Sedunia di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sebagai Wakil Ketua DPR RI.

Jazilul menyebut agenda itu sudah lama disampaikan ke Cak Imin.

“Betul. Saya ikut mendampingi Bacawapres (ke Banjarmasin),” kata Jazilul.*