Mitos dan Fakta Seputar Haid yang Perlu Diketahui

Ilustrasi pembalut
Ilustrasi pembalut | ist

FORUM KEADILAN – Ada banyak mitos mengenai haid yang sudah sejak lama beredar di kalangan wanita, mitos ini disampaikan secara turun-temurun dari generasi ke generasi, bahkan tidak sedikit wanita yang memercayai mitos tersebut.

Sejatinya tidak semua mitos benar adanya dan tidak semua informasi seputar haid yang beredar dapat dibenarkan. Untuk itu wanita harus mengetahui mana fakta dan mana mitos. Berikut beberapa mitos dan fakta seputar haid.

Bacaan Lainnya

1. Tidak Boleh Keramas saat Haid

Wanita yang sedang haid dilarang keramas karena dapat menyumbat pembuluh darah dan berbahaya untuk kesehatan adalah mitos.  

Faktanya belum ada penelitian yang membuktikan hal tersebut, justru keramas menggunakan air hangat dapat melemaskan otot dan meredakan sakit kepala yang muncul saat hari-hari pertama haid.

2. Tidak Boleh Minum Air Dingin

Wanita yang sedang haid dilarang minum air dingin karena akan membuat darah haid menjadi membeku, dan haid menjadi tidak teratur.

Faktanya, minum air dingin maupun hangat dapat membantu tubuh dalam meringankan sakit kepala yang muncul ketika haid, dan membantu dalam menghindari tubuh dari dehidrasi.

3. Tidak Boleh Berolahraga saat Haid

Larangan olahraga saat haid karena akan menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan kram perut juga merupakan mitos.

Faktanya, olahraga boleh dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh dan meredakan nyeri atau kram pada perut. Namun, ada baiknya jika memvariasikan olahraga ringan, seperti yoga, pilates, dan jalan santai.

4. Tidak Boleh Berenang saat Menstruasi

Larangan berenang karena dapat menghentikan siklus menstruasi dan darah yang keluar akan mencemari air kolam.

Faktanya, tekanan air di dalam kolam renang akan menghambat darah keluar selama berada di dalam air, dan tekanan air kolam tidak akan menghentikan siklus menstruasi.

Namun, penggunaan pembalut biasa tidak mampu menyerap darah dari vagina saat terkena air, Anda bisa menggunakan tampon dan menstrual cup saat akan berenang.

5. Tidak Boleh Memotong Kuku saat Haid

Larangan memotong kuku saat haid adalah mitos.

Faktanya, wanita yang sedang haid dianjurkan untuk tetap menjaga kebersihan tubuh seperti memotong kuku.

Laporan Risca Kusuma Wardani