Mengenal Penyakit Tinea Capitis, Mudah Menyerang Anak-anak

Ilustrasi anak sakit
Ilustrasi anak sakit | ist

FORUM KEADILAN – Tinea capitis merupakan penyakit yang diakibatkan oleh infeksi jamur dermatofit yang terjadi pada kulit kepala dan batang rambut. Penyakit ini banyak dialami oleh anak-anak, terutama anak laki-laki usia 3-7 tahun.

Gejala yang timbul, seperti kulit kepala bersisik dan pitak, hingga menyebabkan peradangan dan kebotakan.

Bacaan Lainnya

Tinea capitis merupakan penyakit yang mudah menyebar. Anak bisa tertular penyakit ini melalui benda yang sudah terpapar jamur dermatofit atau kontak langsung dengan orang atau hewan yang terinfeksi.

Untuk dapat mengetahui jenis jamur di kepala si anak, Anda dapat melakukan pengecekan ke dokter dengan menggunakan alat yang disebut lampu Wood.

Setelahnya dokter akan menyarankan tes lanjutan, yaitu biopsi atau kultur kulit. Untuk mengetahui hasilnya, umumnya membutuhkan waktu hingga 3 minggu.

Apabila anak mengalami tinea capitis, Anda tidak perlu khawatir. Untuk mengatasinya, dokter akan memberikan resep obat berupa antijamur dalam bentuk sampo. Sampo tersebut terdapat kandungan selenium sulphide povidone-iodine atau ketoconazole dan dilakukan dua kali dalam seminggu serta berlangsung selama satu bulan.

Penderita nantinya dianjurkan untuk kembali berkonsultasi dengan dokter.*

LaporanĀ Sandra Ridhola Veronica