5 Tips Merawat Kulit Tetap Lembap Saat Cuaca Panas

Ilustrasi menjaga kulit
Ilustrasi menjaga kulit | ist

FORUM KEADILANCuaca panas beberapa waktu terakhir mencapai 34 derajat dengan tingkat kelembapan 60 persen, mayoritas orang akan kesulitan beraktivitas di luar ruangan.

Keluhan kesehatan juga dapat muncul karena cuaca yang panas. Suhu panas dapat membuat kondisi cenderung dehidrasi dan masalah kulit, karenanya harus menjaga kesehatan pada kulit di saat musim panas ini.

Bacaan Lainnya

Serta sangat penting untuk menjaga asupan air dalam tubuh tetap terhidrasi. Agar kulit tetap lembap selama cuaca panas, dapat menerapkan tips-tips berikut ini.

1. Minum Air Putih

Untuk menjaga tubuh dan kulit kering adalah air putih, karena air putih memiliki asupan cairan untuk tubuh. Sebab tidak mengandung gula, perlu diketahui gula yang sudah diproses dapat membuat tubuh dehidrasi.

2. Makan Buah

Konsumsi buah-buahan seperti semangka, melon, stroberi dan anggur mengandung banyak air dan elektrolit yang dapat membantu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.

3. Konsumsi Sayur

Beberapa jenis sayur yang memiliki kandungan tinggi air, sehingga membantu menjaga tubuh terutama saat cuaca panas.

Adapun sayur yang dimaksud diantaranya sayur bayam, wortel, mentimun, dan sayur lainnya.

4. Gunakan Lotion

Selain memberikan kelembapan kulit, lotion juga dapat membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar UVA/UVB.

Body lotion juga menutrisi kulit karena efek radikal bebas.

5. Kurangi Kafein

Selama cuaca panas kurangi minuman dalam bentuk kafein. Minuman yang mengandung kafein tinggi seperti kopi bersifat diuretik dan dapat membuat banyak buang air kecil, sehingga tubuh kehilangan cairan.

Laporan Sukma Cempaka