4 Tips Mendapatkan Beasiswa

Ilustrasi kuliah
Ilustrasi kuliah | ist

FORUM KEADILAN – Salah satu yang diinginkan oleh banyak orang adalah menuntut ilmu setinggi mungkin.

Di dalam kehidupan, pendidikan menjadi salah satu hal penting dan bermanfaat bagi banyak orang. Beasiswa wujud apresiasi yang diberikan kepada pribadi agar dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, apresiasi dapat berbentuk kunci pada suatu instansi.

Bacaan Lainnya

Agar mendapatkan beasiswa, banyak hal yang harus dipersiapkan, seperti nilai akademik yang stabil, keterampilan sesuai bidang yang diminati, dan lain sebagainya.

Berikut beberapa tips mendapatkan beasiswa.

1. Mengumpulkan Informasi Seputar Beasiswa

Kumpulkan informasi terkait program beasiswa yang menjadi tujuan, misalnya informasi ke pihak sekolah atau orang terdekat.

Selain itu, informasi beasiswa juga bisa dicari dari media sosial atau laman web resmi kampus.

2. Penghargaan atau Prestasi

Agar bisa mendapatkan beasiswa, persiapkan riwayat nilai dan prestasi baik akademik atau non akademik.

Beberapa kampus tertentu umumnya mengharuskan calon pendaftar beasiswa mencantumkan bukti prestasi, oleh sebab itu belajar dengan giat dan selalu meraih prestasi yang baik.

3. Menguasai Bahasa Asing

Berbahasa asing menjadi salah satu kunci utama agar dapat sukses meraih beasiswa, pada umumnya kampus–kampus mewajibkan target minimal untuk uji kompetensi berbahasa untuk dapat mendaftar beasiswa kuliah.

4. Persyaratan Serta Dokumen yang Diperlukan

Mendapatkan beasiswa gratis juga harus melengkapi data penting, misalnya dokumen ijazah, transkrip nilai, surat keterangan berkelakuan baik, LoA (surat pernyataan bahwa telah diterima di sebuah Perguruan Tinggi tanpa syarat), sertifikat yang diajukan harus linier, dan dokumen penting lainnya.*

Laporan Sukma Cempaka