Awas! Ini 5 Kebiasaan yang Bikin Otak Lemot

Ilustrasi otak lemot
Ilustrasi otak lemot | ist

FORUM KEADILANOtak memiliki peranan yang penting bagi tubuh karena menjadi pusat sistem syaraf dan pengendali tubuh. Oleh karena itu, otak menjadi salah satu organ vital pada tubuh.

Namun, pernahkan Anda merasa lamban dalam memahami suatu hal?

Bacaan Lainnya

Penurunan fungsi otak ini bisa terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya pertambahan usia, penyakit, ataupun stress.

Tapi tahukah Anda, ada beberapa kebiasaan buruk yang Anda anggap sepele apabila sering dilakukan dapat berpengaruh pada penurunan fungsi otak?

Berikut lima kebiasaan yang bikin otak lemot.

1. Begadang

Begadang menjadi salah satu penyebab otak menjadi lemot. Hal ini karena waktu yang diperlukan oleh tubuh untuk istirahat menjadi berkurang.

Kebiasaan begadang juga membuat metabolisme pada tubuh ikut terganggu karena pembakaran lemak dalam tubuh yang kurang efektif.

2. Tidur Berlebihan

Sesuatu yang dilakukan secara berlebihan memang lah tidak baik. Salah satunya contohnya, yaitu tidur yang berlebihan.

Tidur berlebihan membuat otak tidak cukup aktif, sehingga melemahkan daya pikir. Selain itu, kebiasaan ini juga membuat metabolisme tubuh menurun dan membuat tubuh menjadi kaku.

3. Malas Bergerak Alias Mageran

Berbaring atau rebahan sebentar untuk menghilangkan penat adalah hal yang wajar dilakukan. Namun, jika kebiasaan ini Anda lakukan sepanjang hari, ini akan membuat fungsi otak menurun.

Oleh karena itu, usahakan melakukan aktivitas fisik atau mencoba aktivitas lainnya untuk mencegah otak tidak lemot.

4. Kurang Minum

Air merupakan sumber kehidupan. Sekitar 70 persen tubuh manusia terdiri dari air.

Jika kebutuhan air tidak tercukupi, maka tubuh akan mengalami gangguan, seperti penurunan fungsi otak. Untuk itu, mulai lah membiasakan diri untuk banyak minum air agar cairan dalam tubuh terpenuhi.

5. Melewatkan Sarapan

Kebiasaan tidak sarapan menyebakan kadar gula darah di dalam tubuh menjadi rendah. Hal ini tentunya tidak baik bagi tubuh karena berakibat pada penurunan fungsi otak, seperti sulit fokus dan kurang responsif.

Ini lah alasan mengapa sarapan sangat penting.*

LaporanĀ Sandra Ridhola Veronica