Menkominfo Budi Arie Merapat ke Kejagung, Pastikan Proyek BTS Jalan Terus

Budi Arie Setiadi usai dilantik sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 17/7/2023 | YouTube Sekretariat Presiden
Budi Arie Setiadi usai dilantik sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 17/7/2023 | YouTube Sekretariat Presiden

FORUM KEADILAN – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mendatangi Kejaksaan Agung RI (Kejagung), Jakarta Selatan, Senin, 24/7/2023. Dia dan rombongan tiba sekitar pukul 12.00 WIB.

Tak banyak bicara saat memasuki Gedung Utama Kejagung, Budi hanya mengatakan proyek Base Transceiver Station (BTS) 4G Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) jalan terus dan proses hukum akan diselesaikan.

Bacaan Lainnya

“Pokoknya BTS jalan terus. Urusan hukumnya biar diselesaikan,” ujar Budi, Senin, 24/7.

Sebelumnya, Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung RI Ketut Sumedana mengatakan, Menkominfo Budi Arie Setiadi akan bertemu dengan Jaksa Agung ST Burhanudin hari ini, Senin, 24/7.

Rencananya, Menteri Budi Arie akan melakukan audiensi dan pengawalan terkait proyek BTS 4G Kominfo.

“Memang dengan tim dalam rangka audiensi dan silaturahmi terkait dengan pendampingan dan pengawalan percepatan BTS 4G,” kata Ketut saat ditemui di Gedung Bundar Kejagung RI, Senin, 24/7.

Menurut Ketut, audiensi yang dilakukan oleh Menkominfo tersebut wujud dari mandat Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mendorong percepatan proyek nasional yang ada di Kominfo. Budi dan tim direncanakan akan bertemu dengan Jaksa Agung di Gedung Utama Kejagung.

“Kalau Menkominfo di gedung utama. Nanti audiensi langsung dengan Bapak Jaksa Agung dan jajaran,” lanjutnya.

Sebelumnya, pada pelantikan dirinya Senin, 17/7 lalu Budi Arie menargetkan proyek pembangunan BTS 4G rampung tahun ini. Budi menyampaikan saat ini jajarannya tengah mengidentifikasi permasalahan yang memuat proyek ini mandek.

Presiden Jokowi juga memerintahkan agar Budi Arie mengutamakan untuk menyelesaikan Proyek BTS 4G Tahun 2020-2024. Proyek tersebut terkendala karena mantan Menkominfo Johnny G Plate menjadi terdakwa korupsi pengadaan proyek tersebut dan diduga merugikan negara hingga Rp8,32 triliun.*

Laporan Merinda Faradianti