Jokowi Targetkan Timnas U-17 Lolos ke Final Piala Dunia U-17

Presiden Jokowi tinjau stadion Si Jalak Harupat
Presiden Jokowi tinjau stadion Si Jalak Harupat | pssi.org

FORUM KEADILAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi proses seleksi Timnas U-17 untuk berlaga di Piala Dunia U-17.

Diketahui dalam proses seleksi yang dilakukan PSSI tersebut, terdapat 22 pemain terbaik yang telah dipilih.

Apresiasi dari Jokowi diungkapkan ketika sang kepala negara mengunjungi Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Rabu, 12/7/2023. Dalam kunjungan tersebut, Jokowi juga melihat hasil renovasi stadion yang akan menjadi salah satu kandidat venue Piala Dunia U-17.

Kunjungi Stadion Si Jalak Harupat, Jokowi didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Dirjen Cipta Karya Diana Kusumastuti.

“Proses seleksi pemain Timnas U-17 yang akan dilakukan di 10 kota ini saya apresiasi sekali. Hari ini di Jawa Barat ada 187 pemain, nanti ada juga di kota-kota lain, sehingga memberikan kesempatan kepada anak muda untuk berpartisipasi. Saya apresiasi PSSI di bawah kepemimpinan Erick Thohir telah berubah menjadi lebih baik,” ujar Jokowi dilansir dalam laman situs pssi.org.

Dalam kesempatan yang sama, Erick Thohir menegaskan kapastitas Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 harus ditunjukkan dengan mempersiapkan tim yang tangguh.

Hal ini dilakukan demi mencapai target yang diberikan oleh presiden.

“Tadi Presiden meminta lolos ke final. Itu target tertinggi. Karena itu, khusus mencari 22 pemain terbaik, kami menjalankan program Talenta Garuda sebagai seleksi pemain tim nasional Indonesia U-17. Program ini melibatkan 10 klub Liga 1 dari berbagai kota yang bertindak sebagai host seleksi dan juga direktur teknik PSSI, serta Asprov untuk mencari bakat-bakat terbaik yang tersebar di penjuru Indonesia,” ujar Erick Thohir.

Selain itu, Erick menambahkan seleksi Talenta Garuda juga mengikutsertakan para mantan pemain nasional yang kini bertindak sebagai pelatih dan pemandu bakat.

Nama-nama seperti pelatih Timnas U-17 Bima Sakti, serta Rully Nerre, Budi Sudarsono, Firman Utina, Firmansyah, dan Indriyanto akan terjun untuk memantau seleksi para calon pemain muda yang diseleksi di 12 klub Liga 1.

“Talenta Garuda adalah program kolaborasi antara klub Liga 1, PSSI, dan Asprov. Klub Liga 1 memanggil calon pemain sesuai kebutuhan pelatih dan mempersiapkan hal-hal teknis seleksi. Lalu PSSI menjadi koordinatornya dan pemandu bakat, serta Asprov bersama direktur tekniknya memanggil pemain SSB, klub atau sekolah di daerahnya, sekaligus mendampingi. Kita sinergi untuk mencari 22 pemain terbaik,” ujarnya.*