KPK Periksa Anak Buah Hasbi Hasan, Sita Sejumlah Dokumen

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri angkat suara soal hak imunitas advokat
Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri angkat suara soal hak imunitas advokat | Merinda Faradianti/forumkeadilan.com

FORUM KEADILAN – Tim Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita dokumen dari pegawai Mahkamah Agung (MA) sekaligus staff Hasbi Hasan (HH), Tri Mulyani, terkait kasus dugaan suap penanganan perkara di MA.

Penyitaan dilakukan usai pemeriksaan pada Kamis, 8/6/2023 kemarin.

Bacaan Lainnya

“Benar, staf dari tersangka HH (Tri Mulyani) dilakukan penyitaan dokumen dari yang bersangkutan (Hasbi Hasan),” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat, 9/6.

Tri Mulyani diperiksa dan dimintai konfirmasi terkait surat penugasan dinas tersangka Hasbi Hasan di beberapa tempat. Selain Tri Mulyani, tim penyidik juga memeriksa seorang jaksa, yaitu Dody Leonard.

Dody Leonard dimintai penjelasan oleh tim penyidik tentang pertemuannya dengan Hasbi Hasan serta beberapa pihak lainnya pasca operasi tangkap tangan (OTT) MA oleh KPK yang menyeret dua Hakim Agung, Sudrajad Dimyati dan Gazalba Saleh.

Sebelumnya, dalam konstruksi perkara suapĀ MA, tersangka Dadan Tri Yudianto (DTY) menerima suap penanganan perkara di MA sebesar Rp11,2 miliar dari debitur Koperasi Simpan Pinjam Intidana, Heryanto Tanaka.

Uang yang diterima Dadan sebagian diberikan ke Sekretaris MA Hasbi Hasan. KPK mengaku akan melacak aliran uang tersebut dalam rangka optimalisasi atau penyelamatan aset hasil tindak pidana korupsi.*

Laporan Merinda Faradianti