Viral! Warga Gali Daging Impor Ilegal Asal India Buangan Bea Cukai di Bengkalis Riau

Warga Gali Daging Impor Ilegal Asal India Buangan Bea Cukai di Bengkalis Riau
Warga Gali Daging Impor Ilegal Asal India Buangan Bea Cukai di Bengkalis Riau

FORUM KEADILANViral di media sosial video warga beramai-ramai membongkar daging yang telah ditimbun di tempat pembuangan akhir (TPA) Bantan, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Daging yang dibongkar tersebut merupakan daging impor ilegal asal India yang dimusnahkan oleh Bea Cukai pada Senin, 29/5/2023.

Bacaan Lainnya

Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo membenarkan aksi warga yang berebut daging tersebut. Dia mengatakan, daging yang telah ditimbun digali lagi oleh warga dan jadi rebutan.

“Itu kejadian kemarin (29/5) dimusnahkan sama Bea Cukai. Setelah dimusnahkan ditimbun di TPA, menjelang siang warga datang ke TPA lalu diambil, digali lagi,” kata Bimo kepada wartawan, Selasa, 30/5.

Polisi dan dinas setempat langsung melakukan operasi pasar buntut aksi tersebut. Mereka khawatir daging yang seharusnya dimusnahkan itu, dikonsumsi dan dijual oleh warga.

“Kami tadi sama Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bengkalis langsung operasi pasar tradisional. Ada di Pasar Terubuk yang paling besar dan Pasar Selat Baru dekat TPA,” ujar Bimo.

Bimo pun sudah mengarahkan Polsek jajaran di Bengkalis untuk mendatangi rumah-rumah warga. Mereka meminta warga untuk tidak menjual serta mengonsumsi daging yang telah ditimbun di tempat sampah.

“Kami sudah arahkan Kapolsek agar daging ini bisa diambil untuk dimusnahkan dengan cara-cara lain. Kita melakukan ini sebagai langkah menjaga, kita tidak tahu daging dari mana, banyak bakteri karena sudah ditimbun dalam sampah basah. Ada juga diperjualbelikan,” kata Bimo.*