Pesawat Lion Air Gagal Mendarat di Kendari karena Cuaca Buruk, Sempat Hilang dari Radar 10 Menit

LIon air. | Ist
LIon air. | Ist

FORUM KEADILAN – Penerbangan Lion Air JT-992 rute Makassar ke Kendari pada Kamis, 18/5/2023, mengalami keterlambatan penerbangan karena sempat gagal mendarat akibat cuaca buruk.

Jadwal penerbangan ini mengudara dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin pukul 10.40 WITA dan mendarat di Bandara Halu Oleo Kendari pukul 13.00 WITA.

Bacaan Lainnya

Namun akibat cuaca buruk membuat pesawat kembali ke Bandara Sultan Hasanuddin, pesawat baru bisa mengudara kembali dari Bandara Sultan Hasanuddin pukul 12.16 WITA dan mendarat Bandara Halu Oleo Kendari pukul 13.25 WITA.

Kejadian ini sempat dibagikan oleh salah seorang penumpang pesawat JT-992, Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Anis Hidayah dalam akun Twitternya @anishidayah.

Anis mengatakan, pesawat JT-992 sudah hampir mendarat di Bandara Halu Oleo. Namun saat akan mencapai landasan, pesawat kembali naik.

“Diumumkan bahwa karena ada tekanan angin di ekor pesawat yang melebihi batas maksimal bisa berbahaya bablas,” tulis Anis, Kamis, 8/5.

Selanjutnya, pesawat tersebut kembali mengudara dan berputar di udara sekitar 20 menit. Hingga akhirnya pesawat dapat mendarat dengan selamat di Bandara Halu Oleo Kendari di Kabupaten Konsel, Provinsi Sultra.

“Pesawat naik lagi sekitar 20 menit, kemudian berputar. Lalu kemudian bisa mendarat,” katanya.

Anis menyebut, dia sempat menanyakan terkait insiden gagal mendarat tersebut kepada pramugari.

“Saat mau turun saya tanya pada pramugari tentang risiko kalau tetap mendarat, katanya bisa bablas, tergelincir, atau kemungkinan lain,” jelasnya. Bahkan berdasarkan keterangan salah seorang pengemudi shuttle bus di Bandara Halu Oleo Kendari menyebut pesawat JT-992 sempat hilang dari radar.

“Driver yang menjemput kami di bandara kendari mengatakan bahwa, pesawat yang ibu tumpangi sempat hilang dari radar selama 10-an menit,” ucap Anis.

Meski begitu, dia bersyukur pesawat dapat mendarat dengan selamat di Bandara Halu Oleo Kendari.

“Alhamdulillah bisa mendarat dengan selamat. Terima kasih Kapten Nikson Aris, kapten di penerbangan JT 0992 dr Makasar-Kendari,” tulisnya.*