KPK Perpanjang Masa Tahanan Rafael Alun Trisambodo Selama 40 Hari

Rafael Alun Trisambodo. | Ist
Rafael Alun Trisambodo. | Ist

FORUM KEADILAN – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperpanjang masa tahanan untuk tersangka gratifikasi Rafael Alun Trisambodo (RAT) selama 40 hari ke depan.

“Penahanan tersangka RAT untuk 40 hari ke depan, terhitung 23 April sampai dengan 1 Juli 2023 di Rutan KPK,” ujar Kepala Bagian (Kabag) Pemberitaan KPK Ali Fikri pada Kamis 13/4/2023.

Bacaan Lainnya

Perpanjangan ini dilakukan untuk pengumpulan alat bukti dan mendatangkan saksi.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ini sebagai tersangka terkait kasus dugaan gratifikasi.

Rafael diduga menerima gratifikasi dari para wajib pajak melalui perusahaan konsultan perpajakan.

KPK menyebut beberapa wajib pajak diduga menggunakan PT AME untuk mengatasi permasalahan pajak khususnya terkait kewajiban pelaporan pembukuan perpajakan pada negara melalui Ditjen Pajak.

Dalam proses penyidikan berjalan, KPK telah menyita safe deposit box berisi uang Rp32,2 miliar saat menggeledah rumah kediaman Rafael yang berlokasi di Jalan Simprug Golf, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Tim Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) juga diketahui telah memblokir lebih dari 40 rekening milik Rafael dan anggota keluarganya.

Nilai mutase rekening tersebut selama 2019-2023 mencapai Rp500 miliar.*