Kata Nurul Ghufron Usai Diperiksa Dewas KPK Terkait Aduan Brigjen Endar

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron | Merinda Faradianti/forumkeadilan.com

FORUM KEADILAN – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron memberikan keterangan usai menjalani pemeriksaan Dewan Pengawas (Dewas) KPK, Rabu, 12/4/2023.

Nurul mengatakan, saat diperiksa dia ditanya soal Surat Keputusan (SK) pemecatan mantan Direktur Penyelidikan KPK Brigjen Endar Priantoro.

Bacaan Lainnya

“Hari ini saya bersama pak Alex diperiksa atas laporan saudara Endar berkaitan dengan pengembalian saudara Endar ke Mabes Polri. Intinya itu,” katanya saat ditemui di Gedung Pusat Kajian Antikorupsi (ACLC) KPK, Rabu, 12/4.

Nurul menjawab secara diplomatis terkait dugaan dia adalah pimpinan KPK yang menolak pemberhentian Brigjen Endar.

“Forum, itu kan forum pemberitahuan penerbitan SK,” sambungnya.

Nurul tidak menjelaskan secara detail bahan materi pemeriksaan dan mengaku sudah menyampaikan semua pokok materi pada Dewas KPK.

Saat ini Dewas KPK tengah memanggil kelima pimpinan KPK, yaitu Firli Bahuri, Nawawi Pomolango, Johanis Tanak, Nurul Ghufron, dan Alexander Marwata. Namun, Johanis Tanak dan Firli Bahuri belum memenuhi panggilan Dewas.

Sebelumnya, Brigjen Endar Priantoro melaporkan Ketua KPK Firli Bahuri dan Sekjen KPK Cahya H Harefa ke Dewas KPK buntut dicopot dari jabatan Direktur Penyelidikan.

“Laporan saya berdasarkan surat keputusan Sekjen KPK tanggal 31 Maret 2023 yang pada prinsipnya menetapkan bahwa saya diberhentikan dengan hormat sebagai Direktur Penyelidikan KPK terhitung sejak 1 April 2023,” katanya, Selasa, 4/4.

Laporan Merinda Faradianti