Siapa Artis Inisial P Terlibat Pencucian Uang Rp4.4 Triliun? Ini Ciri-cirinya

Artis inisial P
Sekretaris Indonesian Audit Watch Iskandar Sitorus. | ist

FORUM KEADILAN – Seorang artis berinisial P disebut terlibat dalam skema bisnis haram pencucian uang pejabat daerah. Sosok P lantas menjadi misteri dan banyak dipertanyakan netizen Indonesia.

Sekretaris Indonesian Audit Watch Iskandar Sitorus mengatakan, snag artis sang artis disinyalir terlihat pencucian uang mencapai Rp4,4 triliun.

Bacaan Lainnya

Iskandar Sitorus belum secara gamblang menyebut siapa artis dimaksud. Namun, dia sempat mengungkap sejumlah ciri-ciri artis inisial P tersebut. Berikut ciri-cirinya:

1. Seorang perempuan

Meski tak secara gamblang menyebut artis tersebut bergender perempuan, namun Iskandar Sitorus dalam keterangannya beberapa kali menyebut artis tersebut dengan panggilan ‘mbak’. Panggilan demikian mengindikasikan bahwa P adalah seorang perempuan.

“Kami harapkan agar Mbak P, inisial P, tidak lagi meneruskan pola-pola demikian (pencucian uang) supaya tidak sukses orang-orang jahat ini mencuci uang hitamnya menjadi putih,” kata Iskandar kepada awak media.

2. Terlibat berbagai bisnis

Iskandar bilang, artis inisial P terlibat dalam beberapa jenis bisnis yang uangnya berasal dari uang haram. Bisnis yang dikelola di antaranya adalah produk perawatan kecantikan atau skincare, fitnes, butik, dan bisnis produk kucing atau petshop.

3. Bisnis skincare melejit sejak 2019

Iskandar menyebutkan pula bahwa bisnis skincare artis inisial P tersebut memiliki pertumbuhan melejit sejak 2019 hingga 2022.

Dalam kurun waktu tersebut, si pelaku pencucian uang menggunakan artis termasuk artis inisial P untuk mengendorse bisnis dari uang haramnya.

4. Rajin endorse

Iskandar menyebut artis inisial P rajin mengendorse bisnis-bisnis yang dijalaninya itu. Ini mengindikasikan bahwa artis dimaksud pun cukup aktif di media sosial. Namun, Iskandar enggan memberikan keterangan lebih jauh.

5. Bukan artis satu-satunya

Dalam kasus pencucian uang ini, artis inisial P tidak sendiri. Iskandar menyebut bahwa ada artis lainnya yang terlibat, kendati Iskandar tidak menyebutkan secara spesifik ihwal artis dimaksud. Namun, Iskandar berharap artis yang terlibat tidak banyak.*