Mengaku Polisi untuk buat Pikat Wanita, Pria Ini Ditangkap

Polisi gadungan ditangkap. | Ist
Polisi gadungan ditangkap. | Ist

FORUM KEADILAN – Seorang pria bernama Joko Saputra (30) mengaku anggota Polri dan bertugas sebagai Badan Intelijen Negara (BIN) ditangkap polisi, Selasa, 21/3/2023.

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi melalui Kasubbid Penmas AKBP Yenni Diarty mengatakan kasus ini terungkap setelah petugas mendapati informasi adanya seseorang yang sering kali menunjukkan identitasnya sebagai anggota Polri/BIN untuk memikat wanita.

Bacaan Lainnya

Setelah dilakukan pengembangan dan penyelidikan, akhirnya petugas menangamankan Jaka di tempat tinggalnya Jalan Panca Usaha, Kelurahan 5 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, Palembang.

“Dari tangan yang bersangkutan, petugas juga mendapati satu pucuk senjata api rakitan,” katanya.

Petugas kemudian melakukan penggeledahan di rumahnya. Dari penggeledahan ini ditemukan 3 senjata api rakitan lainnya, dan alat pembuat sejata api rakitan, serta ratusan butir peluru aktif.

Berdasarkan hasil penyelidikan, Jaka bersama temannya berinisal P (DPO) diketahui membuat atau merubah senjata air soft gun menjadi senjata api rakitan, sementara peluru dibeli melalui online.

“Peluru sendiri masih didalami penyidik,” ujarnya.

Jaka sendiri diketahui sering kali mengaku sebagai anggota Polri yang bertugas di BIN, motifnya untuk memikat wanita agar mau menjadi pacarnya.

“Mengaku anggota Polri dengan pangkat AKP yang sedang bertugas di BIN kepada pacarnya,” katanya.

Selain senjata api rakitan, petugas juga mengamankan KTA BIN palsu, hiasan pet Polri, cap stembel BIN, piagam penghargaan, foto berseragam Polri pangkat AKP, celana training Akpol, dan pin Intelkam.

“Ada juga alat penghisap sabu serta sejumlah alat-alat lain yang digunakan pelaku untuk merakit senjata api rakitan,” katanya.

Yenni menjelaskan, saat ini yang bersangkutan masih menjalani pemeriksaan lebih lanjut oleh penyidik, dan mengembangkan dugaan keterlibatan orang lainnya.*