Pertamina Beri Rp5,6 Juta per KK untuk Korban Kebakaran Depo Plumpang Ngontrak

Potret Pengungsi Kebakaran Depo Pertamina Plumpang di Posko PMI | Forum Keadilan/Novia Suhari
Potret Pengungsi Kebakaran Depo Pertamina Plumpang di Posko PMI | Forum Keadilan/Novia Suhari

FORUM KEADILAN – Para korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang dibiayai untuk mengontrak rumah selama tiga bulan oleh PT Pertamina. Setiap kepala keluarga (KK) diberi Rp5,6 juta oleh Pertamina.

Coorporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menjelaskan, biaya Rp 5,6 juta termasuk biaya mengontrak selama tiga bulan serta tambahan Rp2 juta untuk kebutuhan di kontrakan.

Bacaan Lainnya

“Biaya Rp1,2 juta dikalikan tiga bulan, ditambah dengan Rp2 juta untuk kebutuhan di kontrakannya. Jadi totalnya Rp 5,6 Juta,” kata Irto, Minggu, 12/3/2023.

Irto bilang, masyarakat korban kebakaran bisa memilih sendiri kontrakannya. Pihaknya sudah berkoordinasi ihwal ini dengan ketua RW setempat.

Sejumlah korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, pun telah meninggalkan posko pengungsian. Mereka telah tinggal di rumah kontrakan.

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Kota Jakarta Utara Muhammad Andri menjelaskan, saat ini pihaknya telah menangani 154 KK di Kelurahan Rawa Badak Selatan, tepatnya di RW 001.

“Ini bukan kompensasi, tapi ini biaya untuk mengontrak rumah selama tiga bulan,” kata kata Andri kemarin, Sabtu, 11/3.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan akan mengubah Depo Pertamina Plumpang menjadi ekosistem lubricant. Sedangkan lokasi dipo akan dipindahkan ke lahan milik PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo).

Seperti direncanakan, yang akan dilakukan adalah membangun buffer zone di lokasi Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang dan relokasi depo Plumpang ke lahan milik PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo).

“Lalu Plumpang ditinggalkan? Tidak. Ada lubricant, atau oli yang memang tidak memerlukan pipa seperti BBM. Mungkin lebih aman. Jadi ekosistem untuk lubricant bisa dikembangkan di situ,” kata Erick di Tennis Indoor Senayan, GBK, Kamis, 9/3, malam.

Namun demikian, Erick belum memberikan keterangan terkait hal tersebut secara rinci.

Kebakaran depo Pertamina Plumpang terjadi pada Jumat 3/3, lalu. Peristiwa ini menelan korban jiwa sebanyak 19 orang, dan puluhan lainnya luka-luka. *