Tim SAR Temukan Klub Motor yang Hilang di Sumbar, 1 Orang Tewas

hutan
Ilustrasi hutan. | Ist

FORUM KEADILAN – Tim gabungan dari Basarnas Limapuluh Kota, BPBD, dan PMI berhasil menemukan 14 anggota klub motor Ikatan Trabas Adventure (ITA) yang hilang di Hutan Banjalaweh, Sumatera Barat. 1 orang dikabarkan meninggal.

“Semula infonya ada 13 orang. Tapi ternyata di lapangan kita menemukan 14 orang,” kata Kepala Pos Basarnas Limapuluh Kota Robi Saputra, Senin, 23/1/2023.

Bacaan Lainnya

Satu orang yang meninggal dunia itu tercatat atas nama Edi (60).

Sesuai dengan pemeriksaan, korban meninggal dunia karena diduga menderita asam lambung.

“Korban meninggal dunia saat ini sudah dibawa ke RSUD Suliki,” jelas dia.

Robi mengatakan, timĀ  Sar sempat kesulitan mencari karena medan yang terjal dan lebatnya hutan menjadi tantangan saat melakukan upaya penyelamatan.

Robi mengatakan lokasi hilangnya para pecinta motor trabas tersebut, termasuk Kawasan Pegunungan Bukit Barisan.

“Iya. Kawasan itu termasuk pegunungan Bukit Barisan,” kata Robi, Senin, 23/1/2023.

Pegunungan Bukit Barisan merupakan rangkaian atau jajaran gunung yang membentang sepanjang 1.650 kilometer dari Aceh hingga Lampung. Jajaran pegunungannya sambung-menyambung dan memanjang sejajar di Pulau Sumatra.

Menurut Robi, selain kondisi pegunungan yang sulit, tim gabungan yang terdiri atas Basarnas, BPBD, PMI dan masyarakat itu juga menghadapi kendala pencahayaan saat melakukan pencarian.

“Kita sudah dapat kabar sudah tengah malam, tetapi alhamdulillah, kita berhasil menemukan mereka,” kata Robi.

Ia mengatakan, anggota ITA yang tersesat itu sedang melakukan kegiatan buka jalur untuk keperluan trabas di lokasi tersebut.

“Komunitas ini turun pada pagi hari Minggu dan rencana akan keluar pada sore hari. Namun hujan lebat turun sehingga hari semakin gelap. Mereka kesulitan untuk menemukan jalan keluar,” kata Robi lagi.*