Warganet Percaya Erick Thohir Mampu Percepat Pertumbuhan Industri Sepak Bola Indonesia

Infografis
Infografis Cakradata, Januari 2023.

FORUM KEADILAN – Warganet yang membubuhkan tanda emosi “percaya” (trust) sebagian besar berasal dari yang meyakini Erick  Thohir mampu mempercepat pertumbuhan industri sepak bola menjadi ekosistem yang lebih baik lagi.

Demikian hasil hasil survei Cakradata dalam periode 13-17 Januari 2023.

Bacaan Lainnya

CEO Cakradata Dadan mengatakan, percakapan digital mengenai Menteri BUMN yang mencalonkan diri menjadi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) lebih dominan dibandingkan dengan dua calon lain La Nyalla Mattalitti dan Dudung Abdurrahman.

Dikutip dari cakradata.id, dalam periode 13–17 Januari hingga pukul 08, Erick Thohir mempunyai 25.509 kali percakapan. Sedangkan La Nyalla 5.901 kali dan Dudung Abdurachman hanya 27 percakapan.

Dadan menyebutkan, tanggal 15 Januari memiliki percakapan terbanyak dikarenakan pemberitaan terkait Erick Thohir yang mencalon diri sebagai Ketua Umum PSSI didampingi oleh Raffi Ahmad dan Atta Halilintar.

“Publik menilai Erick Thohir tokoh yang layak menjadi Ketum PSSI sehingga mendapatkan banyak sentimen yang positif dari warganet,” ujar Dadan.

Percakapan warganet mengenai Caketum PSSI (25.509 percakapan) lebih banyak dibandingkan topik terkait Erick sebagai Kandidat Potensial di Pilpres 2024 yang hanya 906 percakapan.

“Hal ini disebabkan oleh warganet cenderung percaya Erick Thohir sebagai Caketum PSSI yang didukung oleh banyaknya pengalaman Erick di dunia sepak bola,” papar Dadan.

Beberapa sorotan Thohir Thohir sebagai Ketum PSSI, yaitu

  • Erick Thohir Diimpikan Jadi Ketum PSSI (38%)
  • Erick Thohir Sebut Butuh Nyali Untuk Membersihkan Organisasi Sepak Bola (37%)
  • Erick Thohir Janji Benahi Sepak Bola Indonesia (14%)
  • Erick Thohir Terpanggil Ubah Ekosistem yang Mendukung Pertumbuhan Industri Sepak Bola  (9%)
  • Erick Thohir Pengalaman Urus Klub Bola  Internasional (2%).

Beberapa komentar mengenai Erick Thohir yang mencalonkan diri menjadi Ketum PSSI: @WagimanDeep212_ men-twitt menulis, “Ane jugak yaqueen wan handret persen persepakbola’an tanah akan jauh lebih baek ditangan Masmen @erickthohir… Sudah lama ane bercita2 jadi kiper kiri.”

Yang lain, “Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa yang dibutuhkan PSSI hari ini adalah nyali untuk menerobos keterbatasan, dan berani menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan industri sepak bola nasional,” cuit @seruanhl.

@mulanbilqis mentweet: “Mau benahi PSSI?
Tak cukup hanya dengan teori ataupun konsep. Tetapi juga butuh NYALI.
Ini keren,
Berbuat dan bertindak dengan hati yang dilandasi dengan keinginan benar.
Terbukti, karena nyali juga Pak Erick Thohir berhasil membersihkan BUMN.”*