Wisatawan Karimunjawa yang Terjebak Cuaca Buruk Akhirnya Tiba di Semarang

Wisatawan Karimunjawa dievakuasi dengan KM Kelimutu. Ilustrasi. | Ist

FORUM KEADILAN – Wisatawan dan warga yang sempat terjebak karena cuaca buruk di Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah akhirnya tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Mereka diangkut dengan KM Kelimutu yang berlabuh sekitar pukul 05.00 WIB.

Kedatangan kapal yang mengangkut penumpang dari Sampit dan juga wisatawan Karimunjawa itu disambut Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta, Kapolres Jepara AKBP Warsono, Dandim 0719/Jepara Letkol Inf Mokhamad Husnur Rofiq, serta jajaran Dishub, SAR, dan Pelabuhan.

Bacaan Lainnya

Edy mengatakan pihaknya berterima kasih atas bantuan segala pihak atas kepulangan wisatawan yang terjebak di Karimunjawa. Dua bus dari Pemkab Jepara dan dua bus dari Pemprov Jateng disiapkan untuk mengangkut mereka kembali ke Jepara. Namun ada pula yang langsung meneruskan perjalanan menggunakan kendaraan lain.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI Opik Taupik mengatakan sebanyak 500 wisatawan domestik dan asing telah dijemput pada Selasa, 27/12/2022, malam.

“Dengan ukurannya, KM Kelimutu dapat melewati ombak empat sampai enam meter dengan aman. Meski mengalami keterlambatan, alhamdulillah kapal dapat sandar pukul 21.56 WIB dan proses embarkasi dilakukan dengan tertib dan aman,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu, 28/12/2022.

Total wisatawan yang sudah dievakuasi sebanyak 500 orang yang terdiri dari 451 wisatawan lokal dan 49 wisatawan asing. Kapal KM Kelimutu diberangkatkan dari Karimunjawa menuju Semarang pukul 22.34 WIB.

Sementara itu penumpang, bernama Zaki asal Bandung mengatakan senang akhirnya bisa pulang. Seharusnya dia sudah kembali pada hari Minggu, 25/12/2022.*