Jokowi Harap LRT Jabodebek Beroperasi Juli 2023

Presiden Joko Widodo. | Setpres

FORUM KEADILAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal LRT (Light Rail Transi) Jabodetabek dari mulai Stasiun Harjamukti, Depok sampai Stasiun TMII.

LRT Jabodebek ini ditargetkan dapat beroperasi pada Juli 2023.

Bacaan Lainnya

“Kita harapkan nanti bulan Juli. Juni, Juli 2023 sudah bisa beroperasi berbarengan nanti dengan kereta cepat,” kata Jokowi di Stasiun LRT Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Senin, 26/12/2022.

Jokowi mengatakan LRT Jabodebek mampu menampung kapasitas 420 penumpang. Saat ini pengerjaan LRT Jabodebek berada di angka 87 persen.

“Jadi, kereta ini dengan kapasitas nanti 420 penumpang, stasiunnya kapasitas 520-an. Masih (dirampungkan), ini kan baru selesai 87%, memang baru 87% masih deponya yang harus di selesaikan dan hal kecil-kecil yang berkaitan dengan sinkronisasi sistem. Yang tadi saya lihat juga masih, masih dikit-dikit,” ujarnya.

Jokowi lantas menceritakan pengalamannya menggunakan LRT dari Stasiun Harjamukti, Depok menuju Stasiun Taman Mini.

Menurutnya hanya membutuhkan waktu 12 menit untuk menempuh perjalanan 9 kilometer.

“Dengan kecepatan kereta 80km/jam. Sangat cepat sekali dan tanpa masinis,” ujar Jokowi.

Jokowi mengaku bangga dengan proyek LRT Jabodebek, pasalnya transportasi ini diproduksi langsung oleh PT Industri Kereta Api (INKA). Kereta ini nantinya, dikendarai tanpa masinis.

“Yang kita seneng, kita bangga, kereta ini adalah buatan INKA semuanya buatan INKA, termasuk sistem tanpa masinisnya semuanya dari INKA,” kata Jokowi.

“Saya tadi nyaman, cepat dan tidak berisik. Saya kira pas belokan saja tadi ada bunyi kecil sekali,” sambungnya.

Saat meninjau Stasiun Light Rail Transit atau Lintas Rel Terpadu (LRT) Taman Mini Indonesia Indah (TMII)Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi sejumlah pejabat.

Jokowi tiba di Stasiun LRT TMII, Jakarta Timur, Senin, 26/12/2022, sekitar pukul 08.00 WIB.

Jokowi didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Ada pula Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, M Rizal Wasal. Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono juga nampak hadir.

Nampak, Jokowi dan para menteri mengenakan setelan helm proyek warna putih serta rompi tali proyek warna oranye. Jokowi sempat menyampaikan keterangan di hadapan wartawan.

Selanjutnya, Jokowi berkeliling meninjau di dalam kawasan Stasiun TMII. Dia sempat melewati eskalator stasiun yang menjadi penghubung ke peron.

Setelah selesai meninjau lokasi Stasiun LRT TMII, Jokowi dan rombongan keluar dari gedung. Jokowi meninggalkan lokasi menaiki mobil, dia satu mobil dengan Luhut.*