Profil Ayu Saraswati, Pemandu Tur G20 yang Curi Perhatian Publik

Putu Ayu Saraswati. | istimewa

FORUM KEADILAN – Nama Putu Ayu Saraswati menjadi perbincangan khalayak setelah tampil menjadi pemandu tur para pemimpin negara KTT G20 di Tahura Ngurah Rai Mangrove, Bali.

Ayu membetot perhatian publik karena parasnya yang cantik, dengan penampilan yang anggun, serta gaya bicaranya yang lugas dan cerdas. Tak ayal, wajahnya langsung menghiasi media sosial dan pemberitaan media massa.

Putu Ayu Saraswati lahir di Bali, 6 Juli 1997. Dia merupakan runner-up 1 atau pemenang Puteri Indonesia Lingkungan 2020. Ayu juga merupakan Duta Majelis Permusyawaratan Rakyat Indonesia.

Ayu Saraswati saat menjadi pemandu tur pemimpin negara G20 di Tahura Ngurah Rai, Mangrove, Bali. | ist

Paras rupawan Ayu rupanya diwarisi dari sang ayah yang berdarah Bali, dan ibunya yang dari Taiwan. Keberaniannya menghadapi publik sudah terbentuk sejak usia remaja. Sejak berusia 14 tahun, Saraswati bekerja sebagai model fesyen dan instruktur pilates.

Sebagai batu loncatan, Ayu mengikuti Kontes Jegeg Bali tahun 2015. Saat itu usianya 18 tahun. Dua tahun kemudian, Ayu berpartisipasi di ajang Puteri Bali tahun 2020. Dia akhirnya menyabet gelar Puteri Indonesia Bali 2020. Bahkan, Ayu juga berhasil meraih gelar Miss Intelligence.

Secara otomatis, Ayu mewakili Bali dalam ajang Puteri Indonesia tahun 2020. Pada kontes kecantikan tingkat nasional itu, dia dinobatkan sebagai 1st Runner-up atau pemenang Puteri Indonesia Lingkungan 2020.

Putu Ayu Saraswati. | istimewa

Ayu meraih gelar Master of Medical Science (MMSc) di Ilmu Biomedis, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Denpasar, Bali. Saat ini ia bekerja sebagai praktisi medis di Rumah Sakit Sanglah, di mana kedua orang tuanya bekerja sebagai dokter medis.

Selain Duta MPR RI, dia juga menjadi Duta Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI dan Duta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Berkat kepiawaiannya dalam seni bicara di depan umum, Ayu Saraswati sering mewakili Indonesia di forum dunia seperti Youth Gathering Sunburst Youth Camp 2014 di Singapura dan International Community Development 2013 dan Global Creative Leadership Summit di New Delhi, India.*