Selasa, 17 Juni 2025
Menu

Program Lapor Mas Wapres: Inovasi dalam Meningkatkan Layanan Publik

Redaksi
Layanan "Lapor Mas Wapres" | Instagram @gibran_rakabuming
Layanan "Lapor Mas Wapres" | Instagram @gibran_rakabuming
Bagikan:

FORUM KEADILAN – Beberapa hari yang lalu pemerintah baru saja mengeluarkan program baru “Lapor Mas Wapres” yang dilaksanakan secara langsung, di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia sejak Senin, 11/11/2024.

Program ini merupakan program baru yang digagas oleh Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka. Program ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam menyampaikan berbagai keluhan, aspirasi, maupun laporan terkait pelayanan publik. Program ini dirancang dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan menciptakan pemerintahan yang lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Salah satu keunggulan dari program ini adalah kemudahan akses bagi masyarakat. Masyarakat dapat menyampaikan laporan melalui berbagai saluran, seperti aplikasi pesan instan, telepon, maupun melalui kunjungan langsung. Hal ini tentu saja sangat memudahkan masyarakat yang ingin menyampaikan keluhan atau aspirasi, tanpa harus melalui birokrasi yang berbelit-belit.

Selain itu, program Lapor Mas Wapres juga menjamin bahwa setiap laporan yang masuk akan ditindaklanjuti dengan serius. Laporan-laporan tersebut akan didistribusikan kepada pihak-pihak terkait untuk segera ditangani. Dengan demikian, masyarakat dapat merasa lebih percaya diri bahwa masalah yang mereka laporkan akan mendapatkan solusi yang tepat.

Menurut tenaga Ahli Utama Kantor Komunikasi Kepresidenan Prita Laura, total laporan yang diterima sebanyak 269 laporan, terhitung selama 4 hari sejak awal beroperasi.

“Total laporan yang sudah masuk, diterima sampai dengan hari ke empat ini ada 296 laporan yang sudah masuk,” ujar Prita dalam konferensi pers di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis, 14/11.

Program Lapor Mas Wapres juga diharapkan dapat mendorong terciptanya pemerintahan yang lebih terbuka dan transparan. Masyarakat dapat memantau langsung perkembangan penanganan laporan yang mereka sampaikan. Hal ini tentu saja akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

Dengan adanya program Lapor Mas Wapres, diharapkan kualitas pelayanan publik di Indonesia dapat terus meningkat. Masyarakat menjadi lebih aktif berpartisipasi dalam pembangunan dan pemerintah menjadi lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Program ini merupakan langkah maju dalam upaya mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih.*

Laporan Dian Pangestu Pancar