FORUM KEADILAN – Kementerian kelautan dan Perikanan (KKP) akan menggenjot ekspor udang Indonesia ke beberapa pasar lain, selain pasar Amerika Serikat (AS), seperti ke pasar Jepang dan Australia. Apalagi produk udang Indonesia memiliki peluang besar di kedua pasar tersebut.
“Sejauh ini Jepang juga masih menjadi peluang besar untuk produk beku dan olahan,” ujar Direktur Pemasaran Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP, Erwin Dwiyana dalam konferensi pers, di kantor KKP, Jakarta Pusat, Senin, 28/10/2024.
Kemudian juga pasar Australia, kata Erwin, yang dianggap menjadi target paling berpotensi berikutnya. Khususnya untuk produk udang olahan. Kata dia, dengan semangat hilirisasi dan industrialisasi ini juga menjadi bagian yang harus didorong.
Meski begitu, kata Erwin, Indonesia tetap tidak bisa meninggalkan pasar ekspor Amerika Serikat. Sebab, pasar utama untuk produk komoditas udang beku dan olahan adalah pasar Amerika Serikat.
Namun, kata Erwin, melihat kasus tuduhan Countervailing Duties dan Anti-Dumping oleh AS kepada Indonesia. Maka, perlu juga untuk melakukan upaya-upaya mencari celah ada pasar udang lain di luar Amerika.
“Tapi selama demand-nya besar, maka akan masuk ke situ (AS) terus ekspor udang Indonesia,” tutupnya.*
Laporan Novia Suhari