PKS Tegaskan Belum Tentukan Sosok yang akan Diusung di Pilgub Sumut

Presiden PKS Ahmad Syaikhu usai menghadiri acara pembubaran Timnas AMIN di kediaman Anies Baswedan, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa, 30/4/2024. | M.Hafid/Forum Keadilan
Presiden PKS Ahmad Syaikhu usai menghadiri acara pembubaran Timnas AMIN di kediaman Anies Baswedan, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa, 30/4/2024. | M.Hafid/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu menegaskan bahwa Partainya belum menentukan sosok yang akan diusung di Pilgub Sumatra Utara (Sumut) 2024.

Syaikhu mengatakan bahwa hal ini untuk mengklarifikasi pernyataan sebelumnya yang mengatakan DPP PKS mengusung Wali Kota Medan Bobby Nasution di Pilgub Sumut 2024.

Bacaan Lainnya

“Tadi ada diberitakan sudah ada dukungan terhadap Sumatra Utara dalam hal ini Gubernur Sumatra Utara. Saya perlu menegaskan sampai dengan detik ini belum ada keputusan DPTP terkait dengan calon gubernur atau wakil gubernur Sumatra Utara,” ujar Syaikhu di Kantor DPP PKS, Jakarta, Senin, 8/7/2024.

Ia menyebut sampai saat ini perihal tersebut masih dalam proses pembahasan oleh DPTP PKS.

“Semuanya masih dalam proses pembahasan, ya jadi itu mungkin tadi perlu saya klarifikasi karena salah satu media sudah mengungkapkan itu,” tuturnya.

Diketahui sebelumnya, ia sempat menyebut PKS mengusung Bobby pada Pilgub Sumut 2024.

Syaikhu mengatakan mesin Partai beserta seluruh jajaran PKS siap untuk memenangkan Bobby di kontestasi.

“Ya PKS kita mengusung beliau (Bobby),” sebutnya.

Bobby pun diketahui sudah mengantongi dukungan dari sejumlah Partai dan tercatat Partai yang sudah resmi mendukung Bobby adalah Golkar, Gerindra, PAN, PKB.

Dukungan dari empat Partai tersebut membuat Bobby bisa maju sebagai bakal calon gubernur Sumut. Tetapi, hingga pada saat ini belum ada kesepakatan mengenai siapa sosok calon wakil gubernur (Wagub) yang akan mendampingi Bobby.

Di sisi lain, PKS dan PDIP belum memastikan arah dukungan. PDIP adalah Partai dengan perolehan kursi terbanyak kedua di DPRD Sumut dan PDIP bisa mencalonkan sendiri tanpa harus berkoalisi dengan Partai lain.*